Situng KPU 70 Persen, Jokowi Unggul 13 juta Suara

Siluet Ketua KPU Arief Budiman saat melakukan monitoring rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 melalui aplikasi Situng di Gedung KPU, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Pasangan capres-cawapres bernomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf, unggul dengan selisih perolehan 13.555.555 suara dari pasangan capres-cawapres bernomor urut 02 Prabowo-Sandi dalam Situng KPU Rabu pagi, 8 Mei 2019.

DKPP: Komisioner KPU Langgar Etik Situng Pemilu dan Surat Tercoblos

Sistem Informasi Perhitungan KPU itu telah merekapitulasi data dari 70,8 persen TPS atau 576.269 dari 813.350 TPS di seluruh Indonesia. Jokowi-Ma'ruf untuk sementara tercatat telah meraih 61.058.482 suara atau 56,24 persen. Sementara Prabowo-Sandi, tercatat telah meraih 47.502.927 suara atau 43,76 persen.

Selain itu, rekapitulasi suara Situng di tingkatan provinsi tercatat telah menunjukkan kemajuan yang tinggi, kebanyakan di atas 60 persen. Hanya sejumlah provinsi, yaitu Jawa Barat, Maluku, Papua, juga Papua Barat yang menunjukkan kemajuan rekapitulasi Situng yang lebih rendah dibanding provinsi lain. Kemajuan rekapitulasi Situng di keempatnya adalah 52,6 persen, 58,9 persen, 7,4 persen, dan 20,3 persen.

Ajukan Saksi Tambahan, Putusan Gugatan Mulan Jameela Cs Ditunda

Di tingkatan provinsi, Jokowi-Ma'ruf unggul di antaranya di Sumatera Utara, Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, juga Kalimantan Barat. Prabowo-Sandi unggul di antaranya di Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Banten, juga Nusa Tenggara Barat.

Rekapitulasi ke Situng, juga rekapitulasi resmi perolehan suara di setiap tingkatan daerah pemilihan akan terus dilakukan hingga penetapan hasil Pilpres 2019 pada 22 Mei 2019. Situng merupakan bentuk transparansi informasi publik KPU yang menunjukkan kemajuan rekapitulasi hasil Pilpres 2019 dari tingkatan terbawah ke tingkatan nasional.

Jusuf Kalla Nilai Pertemuan Jokowi-Prabowo Damaikan Politik Bangsa

Hasil resmi Pilpres hanya ditetapkan melalui rapat-rapat pleno KPU di setiap tingkatan daerah yang telah tuntas melakukan rekapitulasi. (ren)

Ketua KPU Arief Budiman (kanan) bersama Komisioner KPU Ilham Saputra (kiri) menunjukkan berkas Caleg berstatus terpidana korupsi saat mengumumkan data terbaru nama calon legislatif (caleg) dengan status mantan terpidana korupsi yang berpartisipasi pada Pe

Divonis Langgar Etik Situng Pemilu, Komisioner KPU: No Problem

Selain Situng, ada pelanggaran surat suara tercoblos di Malaysia.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2019