Ricuh Pleno Empat Lawang, Penghitungan Suara Dipindah ke KPU Provinsi

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar membenarkan, soal video kericuhan dengan suara tembakan senjata, saat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan. 

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

"Ada kericuhan yang terjadi saat rekapitulasi di Kabupaten Empat Lawang," kata Fritz di gedung Bawaslu, Jakarta, Senin, 13 Mei 2019.

Kericuhan itu terjadi saat rapat pleno di Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, Selasa, 7 Mei 2019. Menurut dia,  hal tersebut sudah bisa diatasi dan memindahkan proses pleno penghitungan di tingkat kabupaten ke provinsi. "Rekapitulasi sudah dipindah ke KPU provinsi Sumatera Selatan," ujarnya.

KPU Bakal Lanjutkan Rekapitulasi Suara Hasil Pemilu 2024 Hari Ini, Sisa Lima Provinsi

Sebelumnya, sebuah video kericuhan pleno rekapitulasi suara viral. Video itu memperlihatkan seorang pria melemparkan kursi di sebuah ruangan yang dipenuhi kotak suara KPU

Suara perempuan terdengar ketakutan melihat kejadian tersebut. Terdengar juga suara seperti suara tembakan. Sejumlah anggota kepolisian kemudian datang dan meringkus seorang pria yang mengamuk. (ezr)

KPU Ungkap Kendala Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di Papua Terhambat
Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024 di MK Hadirkan Saksi dan Ahli KPU Bawaslu

Saksi Ahli di MK Sebut Sirekap Tak Bisa Dipakai Untuk Ubah Suara Pilpres 2024

Saksi ahli yang dihadirkan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU, yakni Marsudi Wahyu Kisworo, mengklaim penghitungan suara pada Sirekap tidak dapat dimanipulasi, percuma saja.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024