Wapres JK: Etisnya yang Kalah Menghampiri

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA / Reza Fajri

VIVA – Hasil rekapitulasi pemilihan presiden 2019 menunjukkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta pihak yang kalah bersikap sportif.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Etisnya selalu yang kalah menghampiri. Menelpon yang menang," kata JK di kantor Wapres di Jalan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa 21 Mei 2019.

JK mencontohkan apa yang pernah dia dilakukan saat kalah dalam Pilpres 2009 lalu. Saat itu JK langsung menelpon Susilo Bambang Yudhoyono sebagai calon presiden yang menang.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Saya dulu waktu kalah dengan Pak SBY, saya langsung telepon Pak SBY dan mengucapkan selamat dan saya menerima itu," ujar JK.

Karena itu politikus Partai Golkar ini berharap Prabowo berjiwa besar. Dia juga menilai telah ada jalur yang disediakan Undang-undang, jika hendak menggugat hasil Pilpres.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

"Harus berjiwa besar. Kan cuma dua, kan kemenangan dan kalah. Tidak ada yang seri," kata JK.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum mengumumkan hasil rekapitulasi suara tingkat nasional itu pada Selasa dini hari 21 Mei 2019 pukul 01.46 WIB. Jokowi-Ma'ruf meraih 85.607.362 suara atau 55,50 persen sedangkan Prabowo-Sandiaga yaitu 68.650.239 suara atau 44,50 persen. (jhd)

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024