Ridwan Kamil Berpesan pada Jokowi Rajut Lagi Kebersamaan usia Pilpres

Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amiin yang ditetapkan sebagai pemenang pemilu presiden 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

“Pada Pak Jokowi, Pak Ma’ruf Amin, selamat atas penetapan dari KPU terkait perhitungan, tapi karena ada gugatan ke MK, tentulah kita ikuti prosedurnya. Tapi secara umum saya mengucapkan selamat,” katanya di Bandung, Rabu malam, 22 Mei 2019.

Dia berpesan kepada Jokowi maupun Ma'ruf Amin sebagai pemenang pemilu presiden agar mengembalikan hubungan baik antarwarga masyarakat setelah sekian lama berselisih akibat berbeda pilihan politik.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Jokowi dan Ma'ruf, katanya, juga harus merangkul lagi elite-elite politik rival mereka dalam pemilu demi bersama-sama membangun bangsa dan negara. “Titipan dari saya, tolong kembali merajut kebersamaan, kerukunan, pasca-pilpres ini jadi prioritas dibandingkan yang lain supaya rakyat Indonesia bisa produktif."

Masyarakat mesti pula menghormati aturan main kontestasi pemilu dengan penyelesaian sengketa melalui peradilan, yakni Mahkamah Konstitusi. Sekarang tugas dan tanggung jawab KPU sebagai penyelenggara pemilu sudah beres, dan tahapannya beralih pada Mahkamah Konstitusi.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Ridwan Kamil juga mengimbau para elite politik untuk tidak memberikan pernyataan kontroversial dan negatif yang dapat memicu suasana masyarakat tak kondusif. “Elite-elite politik tingkat nasional, khususnya yang di Jakarta, rajin-rajin memberikan statement yang menyejukan, yang membuat pengendalian diri warga-warga,” ujarnya.

Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan eks PM Britania Raya Tony Blair.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pertemuan Tony Blair dengan Prabowo dilakukan di kantor Kementerian Pertahanan, Jumat hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024