50 Ribu Warga Aceh Besar Tidak Nyoblos saat Pemilu 2024

Ilustrasi Pemilu.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Aceh – Rekapitulasi suara untuk Pileg dan Pilpres dalam Pemilu 2024 di level kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar telah tuntas dilakukan.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Saat ini logistik Pemilu 2024 dari 23 Kecamatan di Aceh Besar akan diplenokan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar. 

Seperti diketahui jumlah penduduk Aceh Besar sebanyak 414.490 jiwa, yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) 291.793 jiwa yang tersebar di 1264 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dari rekapitulasi dan pleno KPPS 23 kecamatan dalam wilayah Aceh Besar.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Dari data rekap yang ada, jumlah warga yang punya hak pilih namun tidak menggunakan hak pilihnya di Aceh Besar mencapai 50 ribu orang. Hal itu dinilai sebuah angka yang terhitung di bawah rerata nasional untuk persentase pemilih.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Utara mengatakan pihaknya menjadwalkan untuk pelaksanaan Pemilu lanjutan di 17 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jakarta Utara pada Minggu 18 Februari 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito
PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Pj Bupati Aceh Besar Iswanto mengatakan, suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat di Aceh Besar, tak lepas dari kerja keras semua elemen yang terlibat dalam rangkaian proses Pemilu 2024 di Aceh Besar.

“Hal itu juga dibuktikan dengan tingkat partisipasi pemilih di Aceh Besar yang mencapai 85 persen, melebihi tingkat nasional yang dipatok pada angka 80 persen,” kata Iswanto dalam keterangannya, Senin, 26 Februari 2024.

Atas keberhasilan dalam rangkaian proses Pemilu 2024 di Aceh Besar itu, Iswanto menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Forkopimda Aceh Besar, yang telah berkontribusi maksimal atas keberhasilan Pemilu 2024 di Aceh Besar. 

Ilustrasi pemilu

Photo :
  • Tokopedia

“Kita benar-benar didukung oleh team work yang solid dengan kemauan kerja yang ikhlas dan kuat, hingga rangkaian Pemilu di Aceh Besar berlangsung sukses dan dalam suasana yang sangat kondusif tanpa ada insiden apa pun. Sekali lagi terima kasih dan apresiasi untuk semua jajaran,” kata Muhammad Iswanto.

Kini setelah logistik Pemilu itu sampai kembali ke KIP Aceh Besar, tinggal menunggu kepastian pelaksanaan Pleno dari KIP Aceh Besar.

“Semua rangkaian Pemilu di level TPS dan Kecamatan dalam wilayah Aceh Besar, berlangsung sesuai ekspektasi dan semuanya dalam kondisi aman dan terkendali. Sangat kondusif,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya