Survei: Suara Jokowi Melejit karena Asian Games dan Gempa Lombok

Capres Joko Widodo (tengah) bersama Bakal Cawapres Ma'ruf Amin (kedua kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Temuan Lingkaran Survei Indonesia Denny JA menyebut Asian Games 2018 dan bencana gempa Lombok turut menaikkan dukungan terhadap calon presiden petahana, Joko Widodo.

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Sebanyak 88,7 persen responden menyatakan penyelenggaraan Asian Games lalu sukses. Jokowi disebut sebagai tokoh yang paling berperan dalam kesuksesan Asian Games.

"Paling tinggi sebanyak 44,3 persen menyatakan Joko Widodo. Peringkat kedua Erick Thohir sebesar 20,0 persen, kemudian Tito Karnavian sebanyak 9,1 persen, Whisnutama 2,7 persen," kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, dalam pemaparan di kantornya di Jakarta Timur, Kamis, 27 September 2018.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

Kemudian, kunjungan Jokowi ke Lombok yang terkena bencana juga meningkatkan dukungan. Sebanyak 48,4 persen jadi lebih mendukung dan hanya 1,6 persen yang lebih tidak mendukung. Sedangkan 39 persen menilai sama saja dan tidak tahu atau menjawab.

"Kunjungan Jokowi ke Lombok meningkatkan sentimen positif," ujar dia.

Rocky  Gerung Seorang Republikan

LSI melakukan survei mengenai pergeseran dukunagn capres 2019

Sebanyak 67,9 persen responden mendengar atau mengetahui kunjungan Jokowi ke korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat. "Dan 94,5 persen masyarakat suka terhadap kunjungan Jokowi ke korban gempa," kata Ardian.

Rangkaian survei ini dilakukan pada 14-22 September 2018 di 34 provinsi melalui wawancara tatap muka dengan kuisioner. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 1200 responden dan margin of error plus minus 2,9 persen. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya