LSI Denny JA: PDIP, Gerindra, Golkar, Tiga Partai Suara Terbanyak

Seorang warga membubuhkan tanda tangan untuk mendukung Pemilu 2019 anti hoax saat berlangsung Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Kawasan Bundaran HI Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru mengenai arah dukungan masyarakat terhadap partai politik jelang Pemilu 2019. Dalam survei ini, pemilih di Indonesia disederhanakan menjadi enam kalangan.

Golkar Minta Jatah 5 Kursi Menteri, Zulhas: Kok Tanya ke Saya, Pak Airlangga Dong

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, mengatakan, enam kalangan dalam survei adalah kalangan pemilih muslim, pemilih minoritas, pemilih milenial, pemilih wong cilik, pemilih emak-emak, dan pemilih terpelajar.

Dia menjelaskan, bila PDIP masih menjadi partai yang unggul karena mampu meraup suara terbanyak hampir di semua kalangan. Sementara posisi kedua diduduki oleh Partai Gerindra, berikutnya ditempati Partai Golkar.

Isu Jokowi Digadang Jadi Ketum, Elite Golkar: Minimal Jadi Kader 5 Tahun

"Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) unggul dengan perolehan suara 23,7 persen. Kemudian di posisi runner-up ada Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan perolehan 14,6 persen, posisi ketiga yaitu Partai Golongan Karya (Golkar) dengan 11,3 persen," kata Rully di Kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu 20 Februari 2019.

Kemudian, posisi keempat, ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan suara 8,2 persen, disusul Partai Demokrat dengan perolehan 5,4 persen. Setelah itu, di urutan selanjutnya ada Partai NasDem dengan dukungan 4,5 persen.

Gerindra Resmi Usung Jenal Mutaqin Maju Jadi Wali Kota Bogor

Setelah NasDem, posisi selanjutnya diisi oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan perolehan 4 persen, kemudian Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sebesar 3,6 persen. Lalu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebesar 3,5 persen, dan setelah itu diikuti oleh Partai Amanat Nasional (PAN) sebesar 1,5 persen.

"Partai peserta pemilu 2019 lainnya angka dukungan masih di bawah 1 persen yaitu, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Berkarya, Partai Bulang Bintang (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia Indonesia (PKPI)," kata Rully.

Sementara, dari jumlah tersebut masih ada yang menyatakan tidak tahu/tidak jawab/belum memutuskan di angka 18.4 persen.

Dalam survei ini, periode waktu dilakukan tanggal 18-25 Januari 2019, dengan menggunakan 1200 responden. Survei dilakukan di 34 provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling.

Adapun wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2.8%. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya