Survei SMRC: Suara Jokowi Stabil 56%, Prabowo Meningkat Jadi 37%

Survei SMRC jelang pilpres
Sumber :
  • VIVA/ Ridho Permana

VIVA – Lembaga riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden. Dari hasil survei ini, Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Pagi Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, mengatakan dari survei yang diadakan pada 5 sampai 8 April 2019, Jokowi-Ma'ruf di angka 56,8 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi 37 persen. 

"Jika pilpres diadakan pada waktu survei 5 sampai 8 April 2019, Jokowi-Ma'ruf mendapat dukungan 56,8 persen, unggul signifikan dari Prabowo-Sandi 37 persen. Sebanyak 6,3 persen tidak tahu atau tidak menjawab," kata Deni di Jakarta Pusat, Jumat 12 April 2019.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Deni menjelaskan, faktor yang membuat elektabilitas Jokowi-Ma'ruf tinggi terletak pada kinerja Presiden Jokowi yang dinilai masyarakat baik. 

"Yang merasa puas dengan kinerja Jokowi ada 71 persen dan ini cenderung stabil dari waktu ke waktu," ucapnya.

Prabowo Segera Bahas Koalisi Setelah Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih Besok

Faktor lain, kata Deni adanya keyakinan akan kepemimpinan Jokowi. Hasilnya 68 persen, lebih banyak dari yang tidak yakin 27 persen, sedangkan 5 persen lainnya tidak menjawab.

Bukan hanya itu, tingkat kesukaan terhadap Jokowi-Ma'ruf juga lebih tinggi dibandingkan Prabowo-Sandi. Ada 86 persen suka terhadap Jokowi, 83 persen kesukaan terhadap Ma'ruf Amin, 75 persen suka Prabowo, dan 80 persen suka terhadap Sandiaga.

"Dalam Kondisi ekonomi, politik, hukum dan keamanan masyarakat juga puas terhadap kinerja Jokowi," kata dia.

Dijelaskan Deni, hasil survei tersebut tidak mengalami perubahan banyak dari survei-survei sebelumnya. Pada Desember 2018 elektabilitas 01 ada di angka 55,3 persen dan 02 di angka 34,2 persen. Sedangkan Februari, elektabilitas 01 mencapai 57,6 persen dan paslon 02 mendapat 31,8 persen.

"Suara Jokowi-Ma'ruf Amin bisa dibilang stabil, sedangkan untuk Prabowo-Sandi sedikit meningkat di survei sekarang," katanya.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada 5 sampai 8 April 2019. Metode yang dilakukan dalam survei ini adalah stratified multistage random sampling dengan 2.285 responden. Margin of error dalam survei ini kurang lebih 2,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya