Lippi: Italia Bukan Tua Tapi Pengalaman

Marcello Lippi (merah) mengawasi pemain-pemain Italia berlatih
Sumber :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

VIVAnews - Selain gelar juara bertahan, Italia datang ke Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dengan gelar baru --tim tertua. Skuat Gli Azzuri saat ini berisi delapan pemain di atas usia 30 tahun.

Termasuk Kapten Fabio Cannavaro yang tahun ini berusia 37 tahun dan berencana gantung sepatu pasca Piala Dunia tahun ini. Namun pelatih Marcello Lippi sepertinya tidak suka dengan sebutan julukan 'tua'.

"Kami bukan tim tertua di sini (Piala Dunia 2010). Masih ada tiga atau empat tim yang lebih tua dari kami," bela Lippi soal usia anak asuhnya dikutip dari The Peninsula, Jumat 11 Juni 2010.

Tapi memang bila dibandingkan dengan peserta lain seperti Perancis yang hanya punya enam pemain berusia kepala tiga, atau Jerman yang hanya punya dua pemain, Itali terlihat uzur.

Spanyol saja hanya punya empat pemain dengan usia di atas 29 tahun. Dengan usia pemain tertuanya dipegang Joan Capdevila dengan usia 32 tahun.

Lippi beralasan kalau ini merupakan 'campuran apik'. Sebab ia menyatukan pemain muda dengan pemain berpengalaman.

"Kami punya sembilan pemain dari 2006, itu kurang dari 50 persen jumlah pemain. Kami memang punya pemain tua tapi usia bukan berarti rusak. Itu artinya pengalaman dan karisma."

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024