Kapten Inggris: Rooney, Jaga Mulutmu!

Wayne Rooney
Sumber :
  • AP Photo/Hans Punz

VIVAnews - Kapten tim nasional Inggris Steven Gerrard memberi peringatan pada Wayne Rooney untuk menunjukkan hormat pada wasit selama laga Piala Dunia. Peringatan ini menyusul temperamen Rooney yang beberapa kali menimbulkan masalah. 

Steven mengatakan tidak ingin mengambil 'api' dari diri Wayne Rooney, tapi penyerang itu harus belajar menjaga mulutnya dari bahasa kasar, terutama pada wasit, seperti dikutip dari laman The Telegraph edisi 10 Juni 2010.

Sejumlah wasit asal Brazil berniat belajar sejumlah kata sumpah serapah dalam Bahasa Inggris untuk menghadapi laga Inggris dan Amerika Serikat di Royal Bafokeng Stadium, Rustenburg, Sabtu nanti. Tujuannya, supaya wasit bisa menghukum pemain yang menghina mereka.

Wasit Carlos Simon dan dua asistennya, Altemir Hausmann serta Roberto Braatz, sudah mempelajari 20 kata sumpah serapah.

Rooney sudah mendapat teguran karena kata-kata vulgarnya kepada wasit Afrika Selatan, Jeff Selogilwe. Sebelumnya, Jeff memberikan kartu kuning pada Rooney karena menghina dirinya dalam laga percobaan, Inggris melawan Platinum Stars.

Meski demikian, Gerrard yakin Rooney paham dengan tanggung jawab selama di lapangan hijau. "Disiplin itu sangat penting. Saya tak yakin kalau Wayne akan dijadikan target, Kita lihat saja," kata Gerrad. "Dia pemain yang sangat berpengalaman sekarang."

Dia menilai kehadiran Rooney di lapangan hijau sangat penting. Semua pemain, sudah ditekankan mengenai disiplin. "Kita sudah kehilangan beberapa pemain inti karena kartu merah. Jadi semua pemain sadar untuk mempertahankan 11 pemain di lapangan."

Dia menekankan pemain hanya perlu menjaga sikap kepada wasit. "Sesimpel itu." Jika ada satu pemain yang terpaksa keluar, posisi Inggris malah akan lebih sulit dan semua anggota tim tahu itu.

"Wayne Rooney mengerti hal ini. Saya tidak ingin mengambil api dari dirinya karena dia memang selalu bermain seperti itu. Justru karena itu, dia jadi pemain terbaik di dunia," kata dia. "Tapi dia harus tahu, jika sedang frustasi,  dia tidak boleh seenaknya kepada wasit." (umi)

Bisa jadi 'Bestie' Olahraga, Jangan Asal Pilih Earbuds
Ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Tekuk Indonesia 3-1, China Kawinkan Gelar Thomas Cup dan Uber Cup 2024

Tuan rumah China berhasil mengawinkan gelar Thomas Cup dan Uber Cup 2024. Tuan rumah menekuk Indonesia 3-1 di final Thomas Cup.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024