Gerbang Stadion Soccer City Sudah Dibuka

Soccer City Stadium
Sumber :
  • AP Photo/Themba Hadebe

VIVAnews - Gerbang Stadion Soccer City akhirnya dibuka pada pukul 10.00 waktu setempat, dengan tingkat keamanan yang tinggi. Para suporter bola mulai memadati lokasi untuk melihat upacara pembukaan Piala Dunia 2010 sekaligus pertandingan pembuka antara tim tuan rumah dan Meksiko.

Para suporter yang datang dalam kelompok-kelompok kecil, melambaikan bendera nasional mereka dan meniup terompet khas Afrika, vuvuzela, sambil berkeliling stadion pada pagi yang dingin. Sebelum masuk Soccer City, mereka melalui titik pemeriksaan keamanan dan inspeksi tiket.

“Momen ini akhirnya tiba. Afrika Selatan akan menyaksikan momen historis. Saya sangat menanti laga pembuka sore ini,” ujar salah satu suporter Tshepo Sehole, seperti dilansir dari Sport24. Sehole menghabiskan semalam untuk tiba di Soccer City dari Provinsi Mpumalanga di timur Afsel.

Helikopter kepolisian tampak terbang di atas stadion berkapasitas 94.700 orang penonton itu. Kepala Kepolisian Afsel, Bheki Cele, mengatakan bahwa 34.000 polisi telah dikerahkan di sekitar stadion. Mereka didampingi oleh 10.000 pasukan cadangan yang berpatroli di area-area publik.

Sayangnya, hari pembukaan Piala Dunia ini dibayangi awan kelabu. Mantan Presiden Afsel, Nelson Mandela, dipastikan tidak dapat menghadiri seremoni pembukaan karena cicitnya yang berusia 13 tahun tewas dalam sebuah kecelakaan mobil. 

Sang cicit mengalami kecelakaan ketika dalam perjalanan pulang dari konser pembuka Piala Dunia yang menampilkan sejumlah artis papan atas dunia seperti Shakira, Black Eyed Peas, R. Kelly, dan John Legend. 

Kecelakaan itu terjadi di pusat keramaian kota Johannesburg. Polisi telah menahan supir sang cicit yang diduga mabuk.

Namun berita duka itu tak lantas menghentikan antusiasme warga Afsel. “Saya tidak berpikir hari ini akan tiba. Tidak ada yang dapat menghentikan kami sekarang. Bafana Bafana harus menang,” kata Martha Shange, penduduk Boksburg, daerah pinggiran Johannesburg.

“Saya datang lebih awal supaya tidak kehilangan satu detik pun dari hari bersejarah ini.  Saya harap ini akan menjadi hari yang indah,” kata Shange lagi.  Sementara itu, sekitar 300.000 suporter bola diperkirakan telah memenuhi Afsel.  Pihak penyelenggara mengatakan, kursi VIP pada seremoni pembukaan akan diisi oleh Wakil Presiden AS Joe Biden, Presiden Meksiko Felipe Calderon, dan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe. (mt)

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif
Ilustrasi Gedung KPK.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

KPK mengingatkan tingaal tiga hari lagi tenggat waktu bagi pejabat negara, termasuk menteri untuk melaporkan LHKPN.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024