Lawan Yunani, Korsel di Atas Angin

Lee Dong Gook
Sumber :
  • Foot Coreen

VIVAnews - Korea Selatan akan berhadapan dengan Yunani di laga pertama mereka di Grup B. Pertandingan akan digelar di Port Elizabeth Stadium, Sabtu, 12 Juni 2010.

Pertandingan nanti adalah perjumpaan ketiga antara kedua tim. Korea Selatan unggul dengan satu kemenangan dan satu imbang.

Satu kemenangan itu terjadi di tahun 2007 dengan skor 1-0. Sedangkan setahun sebelumnya skor antarmereka 1-1.

Korea Selatan adalah satu-satunya tim yang tak terkalahkan di babak kualifikasi zona Asia. Mereka lolos dengan sangat meyakinkan dengan mengantongi tujuh kemenangan dan sekali imbang.

Sedangkan Yunani harus berusaha keras dan bahkan harus menempuh play off untuk lolos ke Afrika. Di play off akhirnya mereka bisa mengalahkan Ukraina.

Di kubu Korea, tak ada lagi yang lebih pantas disebut sebagai pemain paling populer selain Park Ji Sung. Penampilan kelas dunia yang ia tampilkan saat main untuk Manchester United menjadikannya sebagai sosok yang amat dihormati.

Sedangkan di kubu Yunani ada Georgios Karagounis yang akan menantang Park untuk beradu aura kebintangan di lapangan.

Rekor Korea Selatan di Piala Dunia jauh lebih baik dari Yunani. Taeguk Warriors sudah tujuh kali lolos sedangkan Yunani baru satu kali di tahun 1994.

Dalam satu-satunya penampilan Yunani di putaran final, mereka langsung tersingkir di penyisihan grup. Mereka pun tak pernah mencetak gol dan kebobolan sepuluh gol.

Korea Selatan jauh lebih mentereng. Mereka bisa lolos ke semi final saat Piala Dunia 2002.

Kalau sudah begini, Korea Selatan tentu lebih diunggulkan untuk menang. Mereka lebih cepat dan secara fisik juga lebih kuat ketimbang Yunani. Dan yang terpenting, kualitas mental atlet Korea sudah terbukti sangat kuat.

Yunani harus bekerja ekstra keras untuk hanya bisa meraih satu poin di pertandingan ini. Apalagi mereka sempat mendapat gangguan ketika kamar hotel Angelos Charisteas, Sotiris Ninis dan Giorgios Samaras dijebol maling yang membawa kabur uang sebesar € 2 ribu. Sebuah pertanda buruk.

Di lini pertahan, Yunani akan kehilangan Vangelis Moras. Penggantinya adalah Kostantinos Katsouranis yang tentunya akan sedikit kikuk main sebagai bek tengah mengingat posisi idealnya adalah sebagai midfielder.

Korea sendiri sudah bisa menyambut pulihnya Lee Dong-Gook yang musim lalu di Liga Korea tampil meyakinkan dengan 21 gol.

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap
Ilustrasi sosial media

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Fenomena FOMO, yang ditandai oleh perasaan tidak nyaman karena merasa tertinggal dalam hal-hal tertentu, menjadi perhatian dalam diskusi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024