Kostum Tim Piala Dunia Berbahan Plastik Bekas

Deretan kostum kesebelasan peserta Piala Dunia 2010
Sumber :
  • AP Photo/Luis Romero

VIVAnews - Taiwan memang tidak ikut mengirim kesebelasan ke Piala Dunia 2010. Namun produsen tekstil di Taiwan tetap bangga, karena karya mereka dipakai oleh para pesepakbola yang tengah berlaga di Afrika Selatan - termasuk dari tim-tim elit seperti Brasil dan Belanda.

Menurut Kantor Perwakilan Ekonomi Taiwan (TETO) di Jakarta, Jumat 11 Juni 2010, produsen tekstil negeri mereka dipercaya membuat kostum untuk sembilan tim nasional peserta Piala Dunia 2010. Mereka adalah Brasil, Belanda, Portugal, Amerika Serikat (AS), Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, Serbia, dan Slovakia.

Menariknya, kostum itu merupakan hasil daur-ulang botol-botol plastik bekas. Setelah diolah dengan teknologi canggih, barang bekas itu menghasilkan serat dan bahan lain yang berguna untuk membuat kostum. Menurut perhitungan, delapan botol plastik bekas bisa menghasilkan satu potong kostum yang bagus dan kuat.

Menurut Biro Pembangunan Industri dari Kementrian Ekonomi Taiwan, para produsen telah memanfaatkan lebih dari 13 juta botol plastik yang mengandung bahan polyethylene terephthalate (PET) untuk menghasilkan kostum dalam jumlah massal untuk Piala Dunia 2010, baik untuk tim nasional pemesan maupun untuk para peritel.

"Ini tidak saja menunjukkan keunggulan teknologi Taiwan, namun juga sejalan dengan konsep "hijau" yang telah menjadi tren," demikian pernyataan Kementrian Ekonomi Taiwan.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang
Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menghadiri peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke - 28, di Balai Kota Surabaya pada Kamis, 25 April 2024. Menur

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024