Tips Manajemen Energi Piala Dunia

Warga Makassar menyambut Piala Dunia.
Sumber :
  • ANTARA/Yusran Uccang

VIVAnews - Sebagai Direktur Sport Science Badan Tim Nasional PSSI, dr. Phaidon L Toruan, pastilah sangat sibuk. Di Piala Dunia ini, Phaidon turut pula menikmati tayangan sekali empat tahun ini sambil tetap mengerjakan aktivitas sehari-hari mulai dari memberi pelatihan, rapat, dan berolah raga.

Apa rahasianya? Phaidon menyebutnya sebagai manajemen energi. Dan manajemen energi ini erat kaitannya dengan diet makanan sehari-hari.

"Berikut tips dari saya sehubungan dengan makanan," kata Phaidon dalam pesan elektroniknya. "Pertama, makan karbo kompleks sebagai sumber karbohidrat. Nasi merah, spaghetti, oatmeal, roti gandum, kentang, ubi, atau singkong. Karbo kompleks membuat energi level kita stabil," ujar dokter yang pernah menulis buku soal diet sehat itu.

Tips kedua, makan buah tiga kali sehari. "Buah mengandung energi listrik, selain vitamin dan mineral yang membuat kita siaga," ujarnya.

Ketiga, hindari cara memasak yang digoreng. "Saya pilih rebusan, pepes, atau bakar. Tentunya kalau ada yang gosong nggak saya makan," katanya. "Semua makanan yang digoreng menyebabkan darah merah menggumpal seperti pacar cina, dan menurunkan konsumsi oksigen sampai 20 persen."

Keempat, mengkonsumsi air dengan mineral anorganik minimal yakni dengan pengolahan secara reverse osmosis atau distilasi. "Energi sel kita akan lebih hemat dan tenaga lebih kuat," ujar Phaidon.

Tips berikutnya berkaitan dengan istirahat. Pertama, kalau malam ada pertandingan mulai pukul 1.30, Phaidon hanya menonton satu babak. "Pukul 2.15 sudah selesai, dan saya tidur. Kalau saya bangun pukul 6.15, saya masih punya waktu tidur yang solid empat jam. Rasanya cukuplah. Dulu waktu jaga malam jadi co-ass (asisten dokter), bisa tidur satu jam saja sudah rejeki," katanya. (kd)

Kedua, jika memiliki sopir, gunakan sopir pribadi. Cara lainnya, naikilah taksi, sehingga punya waktu tambahan untuk istirahat.

Ketiga, istirahat tambahan. "Saat makan siang, saya usahakan makan cepat, dan ambil waktu 20-30 menit buat istirahat. Perlu kreatifitas buat mencari tempat dan alasannya," ujar Phaidon.

Keempat, "sore di saat jalan pulang, saya ambil waktu tidur lagi, apalagi setelah exercise, yang tetap saya kerjakan 20-30 menit hampir setiap hari," ujarnya.

Dan semua itu, kata Phaidon, harus didasari pola pikir hidup sehat. "Tanpa itu, perilaku sehat tidak akan bisa dikerjakan," katanya.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng
Timnas Indonesia

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23. Itu setelah mengalahkan Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar Jumat dini har

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024