Babak I, Belanda Unggul 1-0

Robin van Persie (Belanda vs Kamerun)
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Belanda menutup babak pertama dengan kemenangan 1-0 saat menghadapi Kamerun dalam laga akhir Grup E di Green Point Stadium, Cape Town, 24 Juni 2010. Satu gol  Belanda dilesakkan oleh Robin van Persie.

Gol Van Persie terjadi setelah melalu kerjasama apik dengan Dirk Kuyt di dalam kotak penalti pada menit 36. Kuyt  yang memberikan umpan sodoran langsung dimanfaatkan.

Van Persie yang lari dengan kawalan satu pemain Kamerun akhirnya mampu melakukan tendangan dari sudut sempit sisi kanan gawang. Bola yang mengalir deras akhirnya tidak mampu dibendung oleh kiper Kamerun,  Hamidou Souleymanou.

Belanda yang sudah mengoleksi enam poin sejak menit awal tetap tampil ngotot. Bahkan, Tim Oranje memiliki banyak peluang sepanjang 45 menit pertama.

Kehadiran Van Persie di lini depan Belanda benar-benar menebar ancaman. Saat laga baru berjalan 18 menit, tembakan Van Persie juga nyaris berbuah gol setelah lepas dari kawalan dua pemain Kamerun. Tapi sayang, tembakannya mampu ditangkap oleh Souleymanou.

Memasuki menit ke-25, giliran Rafael van der Vaart yang hampir menggetarkan gawang Kamerun. Tapi tembakan dari hasil tendangan bebasnya mampu dibaca oleh Souleymanou.

Bukan hanya Van der Vaart yang membuat Souleymanou kerja keras menyelamatkan gawangnya dari gempuran pemain Belanda. Adalah Dirk Kuyt yang mempunyai peluang.

Kuyt yang mendapatkan umpan sodoran dari Khalid Boulahrouz di dalam kotak penalti gagal berbuah gol setalah sepakan lemahnya gagal merobek gawang Kamerun. Hingga turun minum, kedudukan tetap 1-0.

Susunan pemain

Kamerun: 16-Hamidou Souleymanou; 19-Stephane Mbia, 7-Landry Nguemo, 3-Nicolas Nkoulou, 2-Benoit Assou-Ekotto, 8-Geremi, 11-Jean Makoun, 6-Alexandre Song, 9-Samuel Eto'o, 13-Eric Choupo-Moting, 12-Gaetan Bong.

Belanda: 1-Maarten Stekelenburg; 12-Khalid Boulahrouz, 3-John Heitinga, 4-Joris Mathijsen, 5-Giovanni van Bronckhorst; 3-John Heitinga, 7-Dirk Kuyt, 5-Giovanni van Bronckhorst; Jong, 23-Rafael van der Vaart; 9-Robin van Persie.

Stafsus Bantah Erick Thohir Perintahkan BUMN Borong Dolar AS, Ini Penjelasannya
Standar hidup Virginia Barat

10 Negara Bagian Amerika Serikat dengan Standar Hidup Terburuk, Berjuang Melawan Kemiskinan

Harapan hidup rata-rata penduduk Louisiana kurang dari 76 tahun, terendah ke-4 di Amerika Serikat. Negara ini mempunyai banyak komunitas yang berbahaya, mencatat 11 pembu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024