Belanda Harus Berkaca pada Euro 2008

Dirk Kuyt mencetak gol.
Sumber :
  • AP Photo/Ivan Sekretarev

VIVAnews - Jelang duel babak 16 besar kontra tim nasional Slovakia, penyerang Belanda Dirk Kuyt teringat 'tragedi' pada Euro 2008. Saat itu, keperkasaan Belanda dihentikan Rusia.

Saat itu, keperkasaan De Oranje di fase grup dihentikan wakil Eropa timur, Rusia. Belanda harus takluk 1-3 dari Rusia lewat babak perpanjangan waktu. Jika tak hati-hati, maka tragedi Euro 2008 akan terulang di Piala Dunia 2010.

Pada babak 16 besar, Senin 28 Juni 2010, Belanda akan ditantang negara Eropa timur lainnya, Slovakia di Durban Stadium, Durban. Kewaspadaan tingkat tinggi langsung diusung oleh Kuyt.

"Kami harus belajar dari pengalaman itu," ujar Kuyt di situs resmi Federasi Sepakbola Belanda (KNVB).

"Saat itu kami melakoni tahap grup dengan fantastis di Euro. Kami mengalahkan Italia, Prancis dan Rumania. Kemudian kami punya satu hari off dan kami akhirnya terlempar," lanjut penyerang Liverpool ini.

Selama babak penyisihan grup, Belanda tidak terkalahkan. Pasukan Bert van Marwijk sukses menggulung Denmark 2-0 di partai pembuka. Selanjutnya Belanda menang tipis 1-0 dari Jepang dan menang 2-1 atas Kamerun.

Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia
Legenda Sepak Bola Brasil Romario

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

Pada usia 58 tahun, legenda sepak bola Brasil Romario telah mencatat riwayat hidup yang mengesankan. Kabarnya, ia comeback bergabung dengan Amerika sebagai pemain.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024