Alonso: Jauhi Euforia, Spanyol!

Xabi Alonso
Sumber :
  • football pictures

VIVAnews - Gelandang Spanyol Xabi Alonso mengingatkan negerinya agar tak larut dalam euforia hanya karena Spanyol berhasil melaju ke babak perempat final, setelah berhasil menekuk Portugal 1-0 di perdelapan final. 

“Kami bahkan belum mencapai semifinal. Jalan menuju semifinal masih panjang,” kata Alonso seperti dilansir laman Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).

Alonso menegaskan, timnya harus mengabaikan euforia yang tengah melanda tanah kelahiran mereka. “Pertandingan selanjutnya adalah melawan Paraguay, dan kami harus fokus untuk itu,” tandas Alonso.

Pernyataan senada juga dikemukakan oleh pelatih Spanyol Vincente Del Bosque. Ia meminta La Furia Roja tetap waspada dan tidak ikut larut dalam euforia.

Namun Del Bosque menekankan, Spanyol akan terus berupaya mempertahankan performa positif mereka sejak meraih Piala Eropa 2008. “Lebih dari dua tahun ini kami telah menunjukkan potensi kami. Tahun ini pun tepat dua tahun sejak kami menjuarai Piala Eropa. Kemenangan itu merupakan dorongan besar bagi kami. Kami akan meneruskan tren positif ini,” kata pelatih berusia 59 tahun tersebut.

Sementara bek tengah Spanyol Gerard Pique yakin La Furia Roja makin memperoleh momentum seiring dengan berjalannya Piala Dunia, terlepas dari kekalahan mengejutkan mereka pada pertandingan perdana melawan Swiss di putaran pertama. Setelah kekalahan itu, Spanyol tidak pernah lagi mengalami kekalahan pada pertandingan-pertandingan berikutnya.

“Di setiap pertandingan, kami tampil lebih baik dari sebelumnya. Kami juga memiliki banyak pemain berkualitas sehingga kami bisa mengontrol jalannya pertandingan,” kata Pique. Tapi ia mengingatkan, hal itu tidak lantas menjadi jaminan bahwa Spanyol akan memenangi pertandingan perempat final dengan mudah.

“Terkadang, seperti ketika kami melawan Swiss, kami mempunyai banyak kesempatan tapi tidak dapat mencetak gol, sedangkan pihak lawan mempunyai satu kesempatan dan bisa langsung mencetak gol. Itulah sepakbola. Karena itu terkadang bahkan tim-tim terbaik pun tidak selalu menang,” ujar defender Barcelona itu.

Pique juga terus mendukung striker Fernando Torres yang sampai saat ini tampak kehilangan ketajamannya akibat cedera lutut. “Dia melalui dua kali operasi. Selalu sulit bagi seorang pemain untuk pulih sepenuhnya setelah mengalami situasi semacam itu. Tapi ia sudah bermain semakin baik. Dia hanya butuh waktu,” tutup Pique. (adi)

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting

Ambisi Tim Bulutangkis Indonesia Raih Juara Piala Thomas dan Uber 2024

Optimisme kemenangan dirasakan timnas Indonesia untuk merebut kembali piala di turnamen bergengsi Piala Thomas dan Piala Uber 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024