Casillas Berutang Budi pada Reina

Iker Casillas saat menghadang penalti Oscar Cardozo
Sumber :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko

VIVAnews - Kiper Spanyol, Iker Casillas berhasil membendung tendangan penalti pemain Paraguay, Oscar Cardozo, Minggu, 4 Juli 2010.  Penampilan gemilang ini tak lepas dari peran kiper Spanyol lainnya, Pepe Reina.

Spanyol akhirnya memastikan diri tampil di babak semifinal Piala Dunia 2010. Tim Matador melaju setelah mengalahkan Paraguay 1-0 lewat gol tunggal David Villa di penghujung babak kedua.

Pertarungan yang digelar di Stadion Ellis Park, Johannesburg ini berjalan ketat dan diwarnai oleh dua kali penalti. Kesempatan pertama diberikan kepada Paraguay setelah Gerard Pique melanggar Cardozo di kotak terlarang.

Cardozo maju sebagai eksekutor. Namun tendangannya berhasil dipatahkan oleh Casillas. "Reina telah memberitahu saya kemana arah tendangan penalti Cardozo," kata Cassilas membuka kunci suksesnya kala itu.

Menurut Cassilas,  Reina merupakan korban kegasan tendangan penalti Cardozo. Pada perempat final Europa League musim lalu, Cardozo yang bermain untuk Benfica dua kali membobol gawangnya dari titik putih.

Reina mencatat kalau Cardozo kerap mengarahkan tendangannya ke sisi kiri gawang. Reina selanjutnya memberitahukannya kepada Casillas.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

"Itu adalah masa yang membuat saya gugup," kata Cassilas. "Saya memiliki tanggung jawab yang cukup besar," bebernya.

Kemampuan Cassilas menghentikan tendangan Cardozo membuat semangat pemain-pemain Matador lainnya kembali bangkit. Pada menit ke-61, giliran Spanyol yang mendapat kesempatan penalti.

Wasit menunjuk titik putih setelah David Villa diganjar Antolin Alcaraz di kotak terlarang. Xabi Alonso maju sebagai eksekutor. Tendangannya mampu merobek jala Paraguay yang dijaga Justo Villar.

Namun wasit mengulangnya. Pada percobaan yang kedua, giliran Villar yang tampil gemilang dan berhasil mematahkan tendangan Alonso.

Spanyol baru memastikan tiket ke semifinal setelah David Villa berhasil menjebol gawang Villar pada menit ke-82. Skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol dan bertahan hingga pertandingan usai.

Cardozo terlihat tak bisa menguasai emosinya saat wasit meniup pluit panjang. Pemain berusia 27 tahun itu tak mampu menahan tangisnya meski beberapa pemain telah berusaha menenangkannya.

Di babak semifinal, Kamis, 8 Juli 2010, Spanyol akan bertemu Jerman. Pertandingan akan digelar di Stadion, Moses Mabhida, Durban. (Soccerway)

Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024