Jaya Suprana Favoritkan Jerman Jadi Juara

Jaya Suprana
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Budayawan Jaya Suprana mengakui sangat mencintai kesebelasan Jerman. Sebab, permainan tim besutan Joachim Loew itu terlihat sangat disiplin. Dengan demikian, ia berharap tim Der Panzer ini bisa memenangkan kompetisi Piala Dunia Afrika Selatan 2010.

Jaya Suprana kepincut terhadap tim kesebelasan Jerman karena ia sendiri pernah tinggal tinggal di negara tersebut selama kurang lebih sepuluh tahun. Sehingga ada semacam ikatan batin kepada tim tersebut.

"Ya, karena saya pernah tinggal di Jerman lama sehingga saya menganggapnya sudah seperti tanah air kedua. Mau mendukung Indonesia tapi kok tidak ikut. Jadi terpaksa saya mendukung 'negara kedua' saya yakni tim Jerman," ujar dia di Solo, Rabu 7 Juli 2010.

Dia mengatakan permainan yang ditunjukkan Miroslav Klose Cs dengan determinasi dan tingkat disiplin tinggi meski tidak melupakan agresitas penyerangan.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Permainan tim Jerman menurutnya lebih mementingkan kolektifitas dan kerjasam tim dalam meraih kemenangan dan menekan ego setiap individu masing-masing pemain.

Hal ini sangat bertolak belakang dengan pola permainan tim negara-negara peserta Piala Dunia dari Amerika Latin yang cenderung menonjolkan skil individu dalam meraih kemenangan. Dalam even sebesar Piala Dunia, ia berpendapat kerjasama tim lebih menentukan kemenangan. (adi)

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024