Loew Yakin Belanda Jadi Korban Berikutnya

Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew
Sumber :
  • AP Photo/Gero Breloer

VIVAnews - Pelatih Jerman Joachim Loew terpukau dengan penampilan Spanyol. Bahkan, Loew tidak segan-segan memuji Spanyol sebagai tim terbaik dunia. 

Loew yakin tim yang telah menyingkirkan Jerman di semi final itu akan mampu mengalahkan Belanda di final Piala Dunia Senin pekan depan. 

“Saya cukup yakin mereka akan memenangkan pertandingan final, karena bila mereka menginginkannya, mereka dapat mengontrol penuh jalannya permainan.  Mereka mendominasi lawan, dan dapat mengalahkan siapapun,” kata Loew.

Terlepas dari rasa frustasi atas kegagalan timnya menampilkan pola permainan seperti ketika menyapu habis Inggris dan Argentina di babak sebelumnya, Loew dengan rendah hati mengakui kualitas permainan umpan-umpan Spanyol.  Ia juga menerima kenyataan bahwa Spanyol memang layak menang 1-0 atas Jerman pada pertandingan dini hari tadi.

“Kami harus mengucapkan selamat kepada tim Spanyol.  Mereka bermain sangat bagus.  Selama dua atau tiga tahun terakhir ini, mereka adalah tim yang paling ahli.  Mereka menunjukkan keahlian itu malam ini dari cara mereka memainkan bola dengan sangat cepat, sehingga kami tidak dapat menampilkan jenis permainan yang kami terapkan pada pertandingan-pertandingan sebelumnya,” jelas Loew.

“Saya rasa kami jadi sedikit terhambat, dan sulit untuk menjelaskan alasannya.  Pertandingan itu sangat sulit.  Ketika kami memperoleh bola, kami juga segera kehilangan bola itu dengan cepat.  Sepertinya kami tidak memiliki keberanian dan keyakinan seratus persen untuk memainkan permainan kami.  Tapi begitulah bermain melawan Spanyol.  Setiap tim yang melawan mereka harus bekerja lebih keras dari biasanya,” ujar Loew.

Loew menambahkan, Spanyol layak disebut penguasa sepakbola dunia.  “Mereka memenangkan Piala Eropa 2008 dengan meyakinkan.  Mereka telah memenangkan semua pertandingan penting dalam dua-tiga tahun terakhir ini.  Pemain-pemain mereka pun tidak banyak berubah, sehingga mereka seperti bermain secara otomatis.  Mereka adalah tim yang hebat.  Mereka akan meriah gelar juara,” tandas Loew.

Meskipun kecewa dengan hasil pertandingan, namun Loew percaya masa depan skuad Jerman akan cerah.  “Pemain-pemain merasa hancur.  Tapi saya tetap mengucapkan selamat kepada mereka atas permainan mereka di sepanjang turnamen ini.  Kami harus tetap mencoba karena kami masih memiliki pertandingan lain, yaitu perebutan tempat ketiga melawan Uruguay,” kata Loew yang belum tahu kelanjutan nasibnya usai Piala Dunia ini.

Loew menekankan, Der Panzer tetaplah tim yang terdiri dari pemain-pemain hebat siapapun pelatihnya.  “Tim ini harus tetap sama.  Tim ini baru saja dimulai.  Tim ini masih dapat terus berkembang, dan perjalanannya masih panjang.  Kami telah mengerahkan seluruh kemampuan kami, dan berlatih sangat keras.  Kami hanya tidak cukup bagus malam ini,” tutup Loew. (The Sun/ Soccerway)

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan
Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024