Tito Karnavian Sebut Ratusan ASN Langgar Netralitas selama Pilkada

Mendagri Tito Karnavian saat Rapat Dengan Komisi II DPR. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan bahwa ratusan aparatur sipil negara (ASN) melanggar asas netralitas mereka dalam rangkaian pilkada serentak 2020. Ada 827 orang ASN yang dilaporkan dan 606 di antaranya dianggap melanggar netralitas.

Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

“Ada 606 ASN yang dianggap melanggar dan dapat rekomendasi dari Komite ASN karena ujung tombaknya Komite ASN. Sebanyak 362 ASN sudah ditindaklanjuti oleh pejabat atasan untuk diberikan sanksi," kata Tito dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI di Jakarta, Rabu, 18 November 2020.

Masih ada 72 ASN yang belum disanksi. Namun, dalam hal ini, Tito mengatakan Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri akan segera mendesak pejabat yang bersangkutan untuk menjatuhkan sanksi kepada mereka.

Cegah Kecurangan dalam Seleksi ASN, Menpan-RB Siapkan Teknologi Face Recognition

Pada Senin, 23 November 2020, Kementerian Dalam Negeri akan menggelar rapat koordinasi bersama kementerian terkait dan penyelenggara pemilu. Dalam rapat itu, akan diberikan penekanan kepada kementerian dan penyelenggara pemilu bahwa konflik harus dicegah dan konsisten dalam menjaga protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Selain permasalahan COVID-19, juga akan diberikan penekanan kepada kementerian terkait dan penyelenggara pemilu untuk terus menyosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih dan datang ke TPS bagi masyarakat.

Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK

Baca: Langgar Aturan, APK Milik Gibran Ikut Dicopot

Kepala BKPSDM, Hendar Herawan

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024