Pilkada Serentak, Mendagri: Suara Anda Tentukan Kemajuan Daerah

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memakai masker.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memakai masker.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

VIVA – Pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah serentak 2020 semakin dekat. Saat ini sendiri Pilkada telah memasuki tahapan masa tenang sejak 6 sampai 8 Desember 2020.

Memasuki masa tenang ini, Menteri Dalam Negeri atau Mendagri Tito Karnavian meminta proses pemungutan suara didukung partisipasi masyarakat. Menurut Tito, suara masyarakat tentukan kemajuan daerahnya 5 tahun ke depan.

"Jadilah pemilih yang cerdas karena suara anda akan ikut menentukan kemajuan daerah anda 5 tahun mendatang," kata Mendagri Tito, dikutip dari keterangan persnya, Senin 7 Desember 2020.

Mendagri mengingatkan para pemilih supaya tetap menaati protokol kesehatan. Dia juga meminta para pemilih tidak berkumpul di sekitar tempat pemungutan suara (TPS) setelah selesai mencoblos nanti.

"Kepada pemilih juga harus diberitahukan bahwa pemilih yang sudah menggunakan hak pilihnya tidak boleh berkumpul di TPS, langsung pulang, yang ada hanya saksi-saksi, baik saksi pasangan calon dan saksi dari partai, sehingga transparansi tetap terjamin," ujar Tito.

Sementara petugas TPS, lanjut mantan Kepala Kepolisian RI itu, harus lengkap dan sehat, serta harus pula dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) COVID-19. Di TPS juga harus disediakan masker, hand sanitizer, tempat cuci tangan dan sabunnya.

"Demikian pula halnya dengan semua elemen yang terlibat dan bertugas dalam perhelatan Pilkada juga sudah harus siap menempatkan diri di posisinya masing-masing," kata Tito. (ren)