Dongkrak Jumlah Pemilih, Sejumlah TPS di Depok Berkonsep Rumah Adat

Sejumlah TPS di Depok Berkonsep Rumah Adat.
Sejumlah TPS di Depok Berkonsep Rumah Adat.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Berbagai upaya dilakukan pihak panitia guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam pesta demokrasi tahun ini. Seperti yang terlihat di lingkungan RW 06, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Depok, Jawa Barat, Rabu, 9 Desember 2020.

Pantauan VIVA di lokasi, ada sebanyak enam TPS di lingkungan tersebut yang didekorasi layaknya rumah adat nusantara. Mulai dari rumah tradisional adat Padang, Betawi, Bali, Sunda, Jawa, hingga Aceh.

Ketua RW setempat, Adi Mukri mengaku, ide menghias TPS ini merupakan inisiatif dari masing-masing RT untuk mendongkrak jumlah partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Adapun rinciannya yakni, TPS 29 adat Jawa, TPS 30 adat Sunda, TPS 31 adat Aceh, TPS 32 adat Betawi, TPS 33 adat Bali dan TPS 34 adat Padang. Selain dekorasi yang bernuansa kedaerahan, para petugas KPPS di tempat itu juga mengenakan pakaian adat sesuai masing-masing rumah adat yang disajikan.

“Kami ingin mengajak warga terhibur dengan suasana TPS sehingga tidak lagi takut karena sekarang kan juga lagi pandemi COVID-19 ya,” katanya.

Baca juga: JP Morgan Prediksi Nilai Tukar Rupiah Sentuh Rp13.500 Akhir 2021

Ia menyebut, di RW 06 ada sekira 1.250 warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). “Saya sangat berharap, partisipasi pemilih di lingkungan kita 80 persen di tiap TPS,” ujarnya.