Golput Unggul di TPS Bobby Nasution Mencoblos

Bobby Nasution menyalurkan hak suara ditemani istrinya, Kahiyang Ayu.
Bobby Nasution menyalurkan hak suara ditemani istrinya, Kahiyang Ayu.
Sumber :
  • VIVA/ Putra Nasution.

VIVA – Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution-H. Aulia Rachman menang dengan memperoleh 73 suara di lokasi Bobby mencoblos. Tepatnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 022 Kompleks Taman Setia Budi Indah (Tasbih), Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan.

Sedangkan, rivalnya H. Akhyar Nasution-H.Salman Alfarisi memperoleh 49 suara. Sementara dua suara tidak sah. Dengan total surat suara yang digunakan 124 suara. TPS ini merupakan tempat Bobby Nasution, Kahiyang Ayu beserta keluarganya menggunakan hak suara alias mencoblos.

"Total ada 122 surat suara sah. Pasangan nomor urut 1 mendapat 49 suara, pasangan nomor 2 mendapat 73 suara dan surat suara yang tidak sah itu ada dua. Jadi kertas suara yang terpakai adalah 124 lembar," ujar Ketua KPPS 022 Asam Kumbang, Fauzan kepada wartawan, usai penghitungan suara, Rabu, 9 Desember 2020.

Baca juga: Emak-emak di Cengkareng Sikat Maling Motor Pakai Sapu

Namun, Fauzan menjelaskan, pada TPS ini, Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah 314 pemilih. Dengan begitu, 190 surat suara tidak digunakan. Golput justru mengungguli kedua pasangan tersebut. Partisipasi hanya 38 persen pemilih dari total keseluruhan DPT. "DPT ada 314 nama, sekitar 38 persen terpakai selebihnya tidak terpakai," tutur Fauzan.

Fauzan mengurai bahwa pihaknya sudah memprediksi hal ini, disebutnya masalah pandemi COVID-19 salah satu alasan warga malas ke TPS.

"Kita sudah tebak sebenarnya (banyak yang Golput). Kita sudah datang ke masyarakat memberikan undangan ke tiap undangan di tiap DPT tapi ya hasilnya itu," kata Fauzan.