Andre Rosiade: Apa Pun Hasil Pilkada, Jangan Memecah Belah Persatuan

Politikus Gerindra Andre Rosiade
Politikus Gerindra Andre Rosiade
Sumber :
  • VIVAnews/Andri Mardiansyah

VIVA – Proses pemungutan suara pilkada serentak 2020, telah selesai dilakukan. Saat ini, masyarakat tengah menunggu hasil dari pilkada yang diselenggarakan di sekitar 270 daerah di Indonesia.

Politikus Partai Gerindra, Andre Rosiade, meminta kepada masyarakat dan seluruh peserta yang berkompetisi pada pilkada serentak 2020 agar mampu menerima apa pun hasil pilkada serentak 2020. Jangan sampai ketidakpuasan atas hasil Pilkada 2020 ini menjadi pemecah belah kesatuan Indonesia.

"Bagi yang tidak puas, bisa menempuh jalur konstitusi dengan menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan yang penting pilkada berjalan damai. Apa pun hasilnya jangan sampai memecah belah kesatuan dan persatuan," kata Andre, Rabu 9 Desember 2020.

Menurut Andre, proses pemungutan suara Pilkada 2020 sejauh ini telah berjalan cukup baik. Dia juga mengaku sudah melihat langsung jalannya pemungutan suara di beberapa daerah seperti di Jati, Nanggalo, dan Singgalang, Koto Tangah, Sumatera Barat serta semuanya berjalan baik.

Setiap petugas pemungutan suara di TPS juga telah memperhatikan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, pelindung wajah, dan menyediakan perlengkapan cuci tangan.

"Kami mengapresiasi para petugas KPPS yang sangat patuh terhadap aturan prokes dengan baik. Semoga berjalan dengan baik," ujarnya.

Andre juga berharap, meski saat ini dilakukan dalam masa pandemi, tingkat partisipasi masyarakat tetap tinggi. "Semoga tidak terlalu buruk dari pemilihan-pemilihan langsung sebelumnya," tuturnya.