Ketua KPU Kotawaringin Timur: Masyarakat Jangan Takut Datang ke TPS

Siti Fathonah Purnaningsih, Ketua KPU Kotawaringin Timur, Kalteng
Sumber :

VIVA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Siti Fathonah Purnaningsih meminta masyarakat tidak takut datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih pada Pilkada 2020 karena pemungutan suara disertai penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Memang disiapkan bilik suara khusus untuk mereka yang sedang demam dengan suhu di atas 37,3 derajat celsius. Itu bukan tempat isolasi, tapi supaya pemilih tersebut tidak perlu antre sehingga bisa cepat pulang beristirahat," kata Siti Fathonah di Sampit, Senin (12/10).

Ia mengatakan masyarakat Kotawaringin Timur akan mengikuti dua agenda Pilkada serentak 9 Desember 2020, yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

"Pilkada kali ini sedikit berbeda karena dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19. Protokol kesehatan wajib dilaksanakan di setiap tahapan pilkada untuk mencegah penularan virus mematikan tersebut," katanya.

KPU Jelaskan Jumlah TPS Pilkada 2024 Lebih Sedikit Dibanding Pilpres dan Pileg

BACA JUGA: Pilkada di Tengah Pandemi, TPS Sepi Jadi Ancaman Legalitas

Menurut dia, pasangan calon peserta pilkada beserta tim pemenangan mereka wajib menjalankan protokol kesehatan. Kini kampanye pun tidak hanya harus mendapatkan izin dari kepolisian, tetapi juga harus mendapat rekomendasi dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kotawaringin Timur.

Siti Fathonah menegaskan, setiap tahapan pilkada dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan. KPU beserta jajarannya menjalani tes cepat deteksi COVID-19 untuk memastikan mereka bebas virus tersebut.

Begitu pula saat pemungutan suara nanti, petugas di TPS dan pelaksanaan pemungutan suara menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Warga wajib menggunakan masker dan mencuci tangan.

"Nanti kami juga menyiapkan sarung tangan sekali pakai untuk warga saat mencoblos di bilik suara. Ini sebagai langkah antisipasi meski setiap orang yang masuk ke TPS telah diperiksa suhu tubuhnya," kata Siti Fathonah.

KPU mengimbau masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan baik karena akan berpengaruh terhadap kualitas pilkada. Warga bisa memberikan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani masing-masing.

Pilkada Kotawaringin Timur diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati, yaitu H Halikinnor-Irawati, Suprianti Rambat-Muhammad Arsyad, HM Taufiq Mukri-H Supriadi, dan HM Rudini Darwan Ali-H Samsudin. (ant)

Saksi Kubu Amin Singgung Kejanggalan Sirekap, Hakim MK Perintahkan KPU Bawa Bukti Asli
Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

KPU Akan Batasi Maksimal 600 Pemilih Per TPS untuk Pilkada 2024

Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan, jumlah surat suara Pilkada 2024 lebih sedikit daripada Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024