Cak Imin Minta Kader PKB Total Dukung Cucu Pendiri NU di Pilbup Malang

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) dan Lathifah Shohib
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

VIVA –  Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin meminta semua pengurus dan kader partainya untuk total dalam Pilkada Kabupaten Malang. Instruksi partai adalah memenangkan pasangan calon Lathifah Shohib dan Didik Budi Muljono.

Pelanggaran Netralitas ASN Diprediksi Naik 5 Kali Lipat di Pemilu 2024

"Semua bergerak dari masyarakat ke masyarakat jadi menang dan terpilih karena masyarakat," kata Cak Imin sapaan akrab Muhaimin di Ponpes Syabilulrosyad, Kota Malang, Kamis 22 Oktober 2020.

Lathifah Shohib sendiri merupakan eks legislator DPR RI dari Komisi X periode 2019-2024. Dia mundur sebagai legislator karena maju di Pilbup Malang. 

Golkar, Gonjang-ganjing Koalisi dan Poros Tengah

Baca Juga: Foto Bareng Menantu Jokowi, Wagub Sumut Dilaporkan ke Bawaslu

Pun, status Lathifah juga sebagai salah satu cucu pendiri Nahdatul Ulama, yakni Kiai Haji Bisri Syansuri. Ia menegaskan pengurus PKB yang tidak mendukung paslon ini bakal di sanksi.

Cak Imin Masih Ngotot Usul Tunda Pemilu 2024

"Harus ada sanksi. Target kami (untuk Lathifah Shohib dan Didik) pokoknya menang," ujar Gus Ami.

Dalam Pilbup Malang, PKB akan menghadapi paslon petahana M Sanusi dan Didik Gatot Subroto serta paslon independen Heri Cahyono dan Gunadi Handoko. M Sanusi sebelumnya merupakan kader dari PKB, kini menjabat sebagai bupati. Dia tidak diusung PKB pada Pilbup 2020, namun maju melalui PDIP.

Aroma persaingan antara Lathifah dan Sanusi dalam perebutan dukungan dari warga Nahdliyin (Nahdatul Ulama) di Pilbup Malang, begitu kental. Sanusi baru saja mendapat dukungan dari Cucu salah satu pendiri NU lainnya Kiai Haji Hasyim Asyari, yakni Kiai Haji Irfan Yusuf Hasyim atau akrab disapa Gus Irfan.

"Sudah biasa Pilkada seperti itu, yang penting menang," tutur pria yang juga disapa Gus Ami itu.

Lathifah Shohib sendiri mengaku santai jika ada paslon lain mengklaim didukung salah satu cucu pendiri NU. Dia mengatakan, secara garis keturunan tidak ada yang perlu ditakutkan sebab memang dia keturunan langsung dari Kiai Haji Bisri Syansuri yang juga kakek dari Presiden RI ke empat Abdurahman Wahid.

"Saya santai saja karena kalau saya kan memang nasabnya (keturunan) cucu pendiri NU. Kalau yang lain kan mengklaim didukung oleh cucu pendiri NU. Saya memang cucunya mbah Bisri ayah saya namanya Shohib Bisri anak ke enam Mbah Bisri pengasuh Ponpes Mambaul Ma'arif setelah Mbah Bisri Seda (Wafat)," kata Lathifah.

Lathifah juga mengaku semakin percaya diri dan lebih bersemangat usai mendapat dukungan langsung dari Ketum PKB Muhaimin Iskandar pada Hari Santri di Ponpes Syabilulrosyad Gasek, Kota Malang. Dia mengungkapkan, sejak awal Muhaimin lah yang mendukung Lathifah untuk maju di Pilbup Malang.

"Pasti menambah semangat dan kepercayaan diri saya. Apalagi ketua umum sejak awal mendukung saya," ujar Lathifah. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya