Calon Wakil Bupati Sergei Positif COVID-19 Jelang Debat Perdana

Petugas medis melakukan pemeriksaan cepat (rapid test) COVID-19. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M N Kanwa

VIVA – Calon Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) nomor urut 1, Adlin Umar Yusri Tambunan dikabarkan positif COVID-19. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sergai mengakui sudah menerima pemberitahuan hal tersebut, menjelang debat kandidat Pikada Sergei yang akan berlangsung Hotel Grand Mercure Medan, Sabtu 14 November 2020.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Kabar tersebut dibenarkan oleh KPU Sergei, Misriani kepada wartawan, Sabtu 14 November 2020. Dengan ini, dipastikan Adlin Umar tidak hadir dalam debat kandidat tersebut. "Benar, kita terima suratnya kemarin, Jumat 13 November 2020," tutur Misriani.

Pilkada Sergai hanya diikuti dua pasangan calon. Adlin berpasangan dengan Calon Bupati Darma Wijaya memegang nomor urut 1. Mereka berhadapan dengan pasangan Soekirman-Tengku Muhammad Ryan Novandi yang mendapat nomor urut 2. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Darma Wijaya merupakan kandidat petahana wakil Bupati Serdang Bedagai, sedangkan Adlin mantan anggota DPRD Medan, yang juga putra Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan. Sementara Soekirman berstatus Bupati Sergai, sedangkan Tengku Muhammad Ryan Novandi adalah putra mantan Bupati Sergai dan Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi.

Surat keterangan menyatakan Adlin terkonfirmasi COVID-19 juga beredar di kalangan wartawan. Surat dengan nomor 2822.445/UPT-RSUD/RT-PCR/XI/20  dan bertanggal 12 November 2020 dikeluarkan RSUD Deli Serdang. Dokumen itu ditandatangani Wakil Direktur II Bidang Pelayanan dr Asri Ludin Tambunan. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dalam surat itu disebutkan bahwa pengambilan spesimen swab nasoparing-oroparing dilakukan dua kali, yakni pada 9 November 2020 dan 12 November 2020. Tes RT-PCR (reverse-transcriptase polymerase chain reaction) terhadap kedua sampel itu menunjukkan hasil positif. 

"Calon wakil bupatinya tidak hadir, hanya calon bupatinya yang  akan hadir," ungkap Misriani.

Dengan itu, Calon Bupati Sergei Darma Wijaya akan menjalani debat kandidar sendirian menghadapi Soekirman- Tengku Muhammad Ryan Novandi. "Begitulah. Kan enggak mungkin juga yang Covid kita hadirkan," tutur Misriani. 

Misriani menjelaskan debat kandidat Pilkada Sergei akan berlangsung sebanyak tiga kali. Selain hari ini, juga akan dilaksanakan  pada 28 November mendatang dan terakhir berlangsung 5 Desember 2020. 

"Tempatnya nanti kami beritahukan, karena ada permintaan tidak di sana (Hotel Mercure) lagi. Kalau bisa di daerah kita di Sergai. Namun kita masih survei, mempertimbangkan protokol kesehatan COVID-19, dan peralatan siaran langsung yang akan dibawa stasiun televisi," sebut Misriani.

Untuk hari ini, debat kandidat berlangsung Pukul 13.30 WIB dan akan disiarkan secara langsung oleh  salah satu TV nasional dan saluran media sosial KPU Sergai. ?Pastinya, acara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya