Bawaslu Manokwari Siapkan 500 Pengawas TPS

Anggota Bawaslu Kabupaten Manokwari Nur Laila Muhammad (antara)
Sumber :

VIVA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manokwari, Papua Barat, menyiapkan sebanyak 500 pengawas tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada serentak 9 Desember 2020.

"Di Manokwari total ada 500 TPS maka pada pelaksanaan pemungutan suara nanti satu orang akan mengawasi satu TPS," kata anggota Bawaslu Kabupaten Manokwari Nur Laila Muhammad di Manokwari, Jumat (20/11).

Ia berharap pengawasan pada pilkada ini lebih maksimal, karena satu pengawas hanya fokus pada satu TPS. Setelah dilantik pada 16 November lalu mereka pun telah menjalani bimbingan teknis.

Bahkan untuk mengoptimalkan kinerja para pengawas, lanjut Laila, Bawaslu pun memberikan bimbingan teknis sebanyak dua kali bagi mereka.

"Bimbingan teknis pertama sudah kita lakukan setelah mereka dilantik. Bimbingan teknis kedua kita laksanakan tanggal 3 Desember," katanya.

Ia berharap setiap pengawas memahami seluruh tugas dan tanggung jawabnya selama berada di TPS. Pada 9 Desember nanti mereka ditekankan untuk memantau, mencatat, dan mendokumentasikan seluruh kejadian di TPS.

Laila juga menekankan agar seluruh pengawas netral dalam melaksanakan tugas. Peran mereka besar dalam menyukseskan pesta demokrasi ini.

"Kami pun akan terus memantau, apabila terdapat pengawas TPS yang merupakan bagian dari tim sukses akan segera kami ganti hari itu juga," ujarnya.

Laila menambahkan bahwa pihaknya telah menyiapkan formulir pengawasan. Setiap pengawas wajib mengisinya sesuai dinamika yang terjadi selama berada di TPS.

Bawaslu Manokwari, kata dia, sudah siap melakukan pengawasan tahap pemungutan suara hingga rekapitulasi di kantor KPU Manokwari. (ant)

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran
Daihatsu All New Xenia.

Daftar Harga Daihatsu Xenia Bekas dan Pajak Tahunannya

Di tengah gempuran mobil-mobil baru dengan teknologi canggih dan fitur mewah, Daihatsu Xenia masih kokoh hadir sebagai kendaraan MPV di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024