KPU Makassar Mulai Sortir Surat Suara

Surat suara Pilkada Makasasar 2020 (antara)
Sumber :

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar mulai melakukan penyortiran setelah surat suara sebanyak 464 boks itu tiba di Makassar dan dibawa ke gedung Celebes Convention Center (CCC) Makassar.

Ketua KPU Makassar Farid Wajdi di Makassar, Minggu (22/11), mengatakan surat suara tiba di Makassar pada Sabtu (21/11) dini hari dan menunggu proses pembongkaran serta pengangkutan hingga ke gedung CCC Makassar.

"Surat suaranya tiba itu subuh hari dan kemudian dijaga ketat oleh petugas kepolisian. Kemudian sore harinya itu dipindahkan ke kontainer logistik dan dibawa ke gedung CCC hingga malam. Hari ini dilakukan penyortiran dengan dikawal oleh pihak keamanan," katanya.

Ia mengatakan penyortiran dilakukan untuk memastikan semua surat suara, apakah tidak cacat dan layak untuk digunakan pada hari pemungutan suara.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Makassar Gunawan Mashar menambahkan penyortiran surat suara ini dilakukan langsung oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Dia menuturkan penyortiran kali ini tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga diharapkan semua surat suara yang telah tersortir akan dimasukkan dalam kotak suara.

"Pilkada tahun ini DPT-nya hanya 900 ribu orang lebih. Pilkada tahun ini berbeda dengan pemilu yang ada juga surat suara untuk calon legislatif. Saya kira bisa selesai penyortirannya ini," katanya.

Adapun jumlah surat suara yang disortir tiap tingkatan pemilihan itu berjumlah 901.087 lembar yang berasal dari jumlah daftar pemilih tetap ditambah cadangan 2,5 persen sehingga total keseluruhan sebanyak 926.771 lembar surat suara.

Surat suara dan logistik tersebut, nanti akan disebar ke 2.395 TPS yang tersebar di 15 kecamatan, 153 kelurahan di Makassar. (ant)
 

Prabowo ke Anies: Saya Pernah di Posisi Anda, Saya Tau Seyuman Anda Itu Berat Sekali
Jajaran komisioner KPU Makassar saat foto bersama dengan Ketua KPU Pusat

Ketua KPU Makassar Positif COVID-19

Komisioner KPU Makassar lainnya juga positif corona.

img_title
VIVA.co.id
29 September 2020