KPU Mamuju Sediakan 'Template' bagi Pemilih Tunanetra

Ilustrasi tunanetra
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat menyediakan alat bantu berupa "template" dengan huruf braille bagi pemilih penyandang tuna netra di Pilkada Mamuju.

Komisioner KPU Kabupaten Mamuju Ahmad Amran Nur di Mamuju, Senin (23/11), mengatakan KPU Mamuju memberikan pelayanan yang maksimal bagi penyandang disabilitas saat pencoblosan di Pilkada Mamuju.

Ia mengatakan, KPU Mamuju akan menyediakan "template" alat bantu coblos surat suara bagi daftar pemilih tetap (DPT) yang tuna netra.

"Pemilih tuna netra dipersilahkan mengajukan pendamping dan diharapkan dari pihak keluarga, dan tidak boleh diwakilkan, pendamping juga hanya mendampingi saja, yang nyoblos tetap yang bersangkutan," katanya.

Menurut dia, KPU Kabupaten Mamuju telah meminta kepada penyelenggara di tingkat kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) untuk memberlakukan setiap pemilih secara setara termasuk kepada kalangan difabel.

Amran mengatakan, KPU Mamuju berkomitmen bakal tetap memfasilitasi para pemilih difabel, untuk dapat menyalurkan hak politiknya pada 9 Desember 2020.

"Begitu pun bagi pemilih yang membutuhkan kursi roda, itu juga akan disiapkan, KPU Mamuju fasilitasi, intinya pemilih difabel silahkan ke TPS, karena akan diberikan kemudahan," katanya.

Ia mengatakan, pelaksanaan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap di tingkat TPS, Pilkada 2020 telah dilaksanakan KPU Mamuju untuk menyukseskan Pilkada Mamuju. (ant)

Top Trending: Mengenal Ponpes Tajul Alawiyyin, Penampilan Terkini Pemeran Utama The Godfather
Raditya Arief mahasiswa disabilitas UI lulus cumlaude IPK 3,85 selama 3,5 Tahun

Raditya Arief, Mahasiswa Tunanetra Lulus Cumlaude UI dengan IPK 3,85

Raditya Arief Putrasetiawan berhasil membuktikan bahwa keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk mencapai cita-cita. Mahasiswa tunanetra ini lulus UI dengan cumlaude

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024