Cegah Politik Uang, Bawaslu Bandarlampung Patroli di Masa Tenang

Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung Candrawansah
Sumber :

VIVA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung akan melakukan patroli di masa tenang Minggu (6/12) sampai dengan Selasa (8/12) guna mencegah politik uang pada Pilkada 9 Desember 2020.

Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung Candrawansah, di Bandarlampung, Rabu, mengatakan bahwa sebelum melakukan patroli politik uang pihaknya melakukan apel siaga terlebih dahulu dengan 126 pengawas kelurahan dan 20 pengawas kecamatan.

"Pada masa tenang nanti, kami akan melakukan patroli hingga malam hari untuk mencegah hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan pilkada ini," kata ketua Bawaslu Bandarlampung.

Ia mengatakan bahwa Bawaslu bersama jajaran pengawas di bawah akan berkeliling ke gang-gang untuk memberikan imbauan kepada masyarakat dalam rangka pencegahan politik uang.

Candrawansah menuturkan bahwa berdasarkan catatan dari pemilu sebelumnya, daerah yang memiliki kerawanan tinggi politik uang yakni berada di daerah pesisir dan pegunungan.

"Semua daerah memang berpotensi adanya politik uang, tapi ada empat kecamatan yang sangat rawan politik uangnya, yakni Kecamatan Telukbetung Timur, Kemiling, Panjang, dan Bumi Waras," kata dia.

Dia juga mengatakan bahwa selain politik uang yang menjadi atensi lainnya dari Bawaslu, yakni permasalahan netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam Pilkada Serentak 2020.

"Politik uang, kenetralan ASN masih menjadi kerawanan pada pemilu atau pilkada," kata dia. (ant)

SBY Minta Prabowo Perbaki Sistem Pemilu: Politik Uang Makin Menjadi, Lampaui Batas Kewajaran!
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Bamsoet Nilai Sistem Demokrasi Pemilu Langsung Perlu Dikaji Ulang karena Marak Politik Uang

Bamsoet menilai sistem demokrasi dengan pemilihan langsung perlu dikaji ulang karena sistem tersebut mendorong adanya demokrasi yang bersifat transaksional.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024