Debat Pilkada Solo, Gibran Janji Tak Bikin Turis dan Investor Kecewa

Debat Pilkada Solo.
Debat Pilkada Solo.
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVA.

VIVA – Calon wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan, Kota Solo sangat diuntungkan dengan adanya jalan tol Trans Jawa. Bahkan, ia optimistis keberadaan jalan tol itu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Solo.

Hal itu disampaikan Gibran saat mengikuti debat putaran kedua Pilkada Solo di studio televisi lokal Solo, Kamis malam, 3 Desember 2020.

"Yang paling diuntungkan dengan tol Trans Jawa adalah sektor pariwisata dengan jarak tempuh yang bisa dipersingkat," kata Gibran.

Baca jugaEkonomi Digital Solusi Kembangkan Daerah 3T, Ini Buktinya

Menurut dia, adanya jalan tol tersebut kini jarak antara Solo dan Surabaya bisa ditempuh dalam waktu kurang dari tiga jam. Begitu pula jarak tempuh Semarang dengan Solo melalui tol bisa ditempuh dalam waktu kurang satu jam.

"Ini sangat mendorong pariwisata di Kota Solo, okupansi hotel otomatis naik, restoran pasti penuh dan ini akan berdampak terhadap PAD Solo," ucapnya.

Meski demikian, Gibran juga menggarisbawahi dengan adanya akses yang mudah itu, maka destinasi wisata di Kota Solo harus dipercantik. Hal ini dilakukan agar wisatawan yang telah berkunjung ke Solo agar tidak kecewa.