Debat Pilkada Solo, Gibran Janji Tak Bikin Turis dan Investor Kecewa

Debat Pilkada Solo.
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVA.

VIVA – Calon wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan, Kota Solo sangat diuntungkan dengan adanya jalan tol Trans Jawa. Bahkan, ia optimistis keberadaan jalan tol itu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Solo.

Tampang Pelaku Perampokan Sadis Turis Perancis di Bukit Sipiso-piso Kabupaten Karo

Hal itu disampaikan Gibran saat mengikuti debat putaran kedua Pilkada Solo di studio televisi lokal Solo, Kamis malam, 3 Desember 2020.

"Yang paling diuntungkan dengan tol Trans Jawa adalah sektor pariwisata dengan jarak tempuh yang bisa dipersingkat," kata Gibran.

Kronologi Tim SAR Gabungan Evakuasi Turis Perancis di Objek Wisata Bukit Sipiso-piso Sumut

Baca jugaEkonomi Digital Solusi Kembangkan Daerah 3T, Ini Buktinya

Menurut dia, adanya jalan tol tersebut kini jarak antara Solo dan Surabaya bisa ditempuh dalam waktu kurang dari tiga jam. Begitu pula jarak tempuh Semarang dengan Solo melalui tol bisa ditempuh dalam waktu kurang satu jam.

Salah Sasaran! 5 Turis Dibunuh Kartel Narkorba dengan Sadis

"Ini sangat mendorong pariwisata di Kota Solo, okupansi hotel otomatis naik, restoran pasti penuh dan ini akan berdampak terhadap PAD Solo," ucapnya.

Meski demikian, Gibran juga menggarisbawahi dengan adanya akses yang mudah itu, maka destinasi wisata di Kota Solo harus dipercantik. Hal ini dilakukan agar wisatawan yang telah berkunjung ke Solo agar tidak kecewa.

"Kota Solo harus mempercantik destinasi wisata. Kita tidak ingin wisatawan lokal kecewa ketika di Solo. Destinasi wisata di Solo harus dipercantik serta ada sertifikasi untuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata)," harapnya.

Selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, menurut dia, keberadaan jalan tol itu juga dapat menarik minat investor untuk berinvestasi di Kota Solo. Sebab, dengan akses tol tersebut dapat mempersingkat waktu tempuh.

"Otomatis delivery time sekarang bisa ditekan yang nanti akan berefek ke biaya produksi. Ini nanti akan lebih mudah untuk Solo dan Solo Raya menarik investor," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya