Pilkada Depok, 2.198 Aparat hingga Mobil Lapis Baja Disiagakan

Pilkada Depok Dijaga 2.198 Pasukan Hingga Mobil Lapis Baja.
Pilkada Depok Dijaga 2.198 Pasukan Hingga Mobil Lapis Baja.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Satu hari lagi ajang pencoblosan untuk menentukan kepala daerah bakal berlangsung secara serentak di 270 daerah (Kabupaten/Kota) pada Rabu 9 Desember 2020. Untuk memastikan amannya proses pemungutan suara, ribuan aparat keamanan telah bersiaga lengkap dengan senjata standar operasi pengamanan.

Tak hanya itu, sejumlah kendaraan lapis baja Brimob pun sudah dikerahkan. Seperti yang terlihat di Kota Depok, yang juga menggelar Pilkada Serentak. Beberapa kendaraan taktis itu sudah terlihat berjejer rapih di Jalan Margonda, depan Markas Polres Metro Depok sejak pagi tadi.

“Jadi hari ini kita melaksanakan pergeseran pasukan pelaksanaan pengamanan TPS (tempat pemungutan suara),” kata Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah, usai memimpin gelar apel pasukan di Balai Kota Depok pada Selasa 8 Desember 2020   

Azis menjelaskan, untuk pengamanan Pilkada Depok tahun ini, pihaknya melibatkan sebanyak 2.198 personil gabungan TNI, Polri, Satpol-PP, Dishub dan Linmas. Ribuan pasukan itu dibagi dengan rincian, pengamanan TPS sebanyak 1.098 personil.

“Pasukan cadangan kita siapkan 50 personil. Ini digunakan jika ada petugas ada yang reaktif,” ucap Azis didampingi Dandim 0508 Depok, Kolonel Inf Agus Israk Miraj.

Baca juga: Rupiah Melemah akibat Kekhawatiran Global akan COVID-19

Kemudian, perbantuan kekuatan dari Polda dan Mabes, yakni, Brimob Mabes sebanyak 200 personil, Satuan Brimob Polda Metro Jaya sebanyak 200 personil, dan Direktorat Sabhara Polda Metro Jaya sebanyak 200 personil.