Hasil Quick Count, Edi-Rendi Klaim Menang Pilkada Kutai Kartanegara

Kantor Bupati Kutai Kartanegara.
Kantor Bupati Kutai Kartanegara.
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA – Pilkada Kabupaten Kutai Kartanegara hanya diikuti oleh satu pasangan calon. Edi Damansyah yang merupakan bupati petahana berpasangan dengan politikus muda Golkar Kukar Rendi Solihin.

Edi Damansyah-Rendi Solihin berhadapan dengan kolom kosong atau jamak disebut kotak kosong karena tidak ada satu paslon yang memenuhi syarat KPU untuk ikut Pilkada Kukar.

Berdasarkan perhitungan cepat atau quick count yang dilakukan Tim Data Edi-Rendi, paslon tersebut unggul 74,9 persen berbanding kolom kosong 25.1 persen.

"Sampai data sample TPS Kukar ini masuk 100 persen, persentase pencapaian dukungan terhadap paslon Edi-Rendi adalah 74,9 persen, sedangkan kolom kosong 25.1 persen. Artinya bisa dikatakan Edi-Rendi sudah memenangkan Pilkada Kukar ini," ujar Efendi Hariyadi, selaku koordinator data tim Edi-Rendi sekaligus koordinator quick count, Rabu, 9 Desember 2020.

Sementara itu, metode quick count yang digunakan adalah systematic random sampling.

"Kami menggunakan metode quick count systematic random sampling sebagaimana umum metode statistik ini digunakan dalam tiap pemilu atau pilkada. Tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sekitar 1 persen. Jadi berdasarkan perhitungan untuk Pilkada Kukar ini setara dengan 122 sample TPS atau setara 35.000 pemilih yg tersebar proporsional," Fendi menjelaskan.

Fendi menambahkan bahwa hasil quick count ini bukan hasil resmi dan final dalam pilkada ini.