Hendi Sujud Syukur Menang Lawan Kotak Kosong di Pilkada Semarang

Hendi-Ita sujud syukur menang lawan kotak kosong
Hendi-Ita sujud syukur menang lawan kotak kosong
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Calon wali kota dan wakil wali kota Semarang Hendrar Prihadi-Hevearita G. Rahayu (Hendi-Ita) bersujud syukur menyusul keunggulan dalam Pilkada 2020 melawan kotak kosong versi hitung cepat yang dilakukan tim pemenangan pasangan tersebut.

Pasangan calon petahana tersebut menyaksikan langsung proses hitung cepat Pilkada 2020 di kediaman Hendi di Lempongsari, Kota Semarang, Rabu, 9 Desember 2020.

Dari hasil hitung cepat tersebut pasangan Hendi-Ita meraih 91,57 persen suara, sedangkan kotak kosong meraih 8,43 persen suara. Hendi menjelaskan proses hitung cepat dilakukan berdasarkan laporan perhitungan di TPS oleh para saksi.

Dari data yang masuk, pasangan Hendi-Ita meraih 716.805 suara, sedangkan kotak kosong 65.972 suara. Adapun jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilih sekitar 32,4 persen dan suara tidak sah sebesar 1,9 persen.

Menanggapi keunggulan dalam hitung cepat tersebut, ia menyatakan tetap akan menunggu perhitungan resmi KPU. Ia juga mengimbau para pendukung Hendi-Ita tidak perlu mengungkapkan euforianya.

"Kita syukuri dengan doa bersama, ikhtiar kita sudah membuahkan hasil luar biasa," kata ketua PDIP Kota Semarang ini.

Pasangan Hendrar Prihadi-Hevearita G. Rahayu diusung oleh sembilan partai politik penghuni DPRD Kota Semarang serta lima partai politik nonparlemen.