Moncer di Quick Count, Dawam-Azwar Diprediksi Menangi Pilkada Lamtim

Dawam Rahardjo-Azwar Hadi unggul di quick count Pilkada Lampung Timur
Dawam Rahardjo-Azwar Hadi unggul di quick count Pilkada Lampung Timur
Sumber :
  • Instagram @dawam_rahardjo

VIVA – Hasil hitung cepat atau quick count Rakata Institute menyampaikan pasangan M Dawam Rahardjo-Azwar Hadi unggul di Pilkada Kabupaten Lampung Timur (Lamtim). Duet tersebut merujuk quick count meraih suara 40,75 persen.

Dari hitungan Rakata Institute, dua paslon lawan Dawam-Azwar yaitu Yusran Amirullah-Benny Kisworo memperoleh suara 23,61 persen. Sementara itu, pasangan Zaiful Bokhari-Sudibyo meraih suara 35,64 persen.

Berdasarkan hasil itu, pasangan Dawam Rahardjo-Azwar Hadi diprediksi akan memenangi pemilihan bupati-wakil bupati Lamtim 2020. 

Manajer Riset Rakata Institute, Yuli Harmoko, mengatakan, pihaknya merupakan lembaga survei yang memiliki izin resmi di Pilkada 2020. Ia tak menampik kemenangan Dawam-Azwar sempat dipertanyakan.

Namun, merujuk data survei, duet Dawam-Azwar unggul mutlak di 15 kecamatan di Lampung Timur. Berbeda dengan dua paslon lainnya.

"Keunggulan kemenangan paslon Dawam-Azwar sempat dipertanyakan. Tapi ternyata bisa lebih unggul. Di mana Yusran Amirullah-Benny Kisworo hanya menang di dua kecamatan, Zaiful Bokhari-Sudibyo unggul di tujuh kecamatan, dan Dawam-Azwar menang di 15 kecamatan," ujar Yuli, dalam keterangan resminya, Rabu, 9 Desember 2020. 

Terkait hasil quick count Rakata Institute, tim pemenangan pasangan Dawam-Azwar mengaku bersyukur. Selain hitung cepat, tim Dawam-Azwar Hadi melakukan perhitungan real count berdasarkan C1 pleno di TPS yang ada di Lampung Timur.