2 Paslon Tunggal Pilkada di Sulsel Menang Lawan Kotak Kosong

Paslon tunggal di Pilkada Gowa, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Mallagani
Paslon tunggal di Pilkada Gowa, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Mallagani
Sumber :
  • VIVA/irfan

VIVA – Pilkada di Kabupaten Gowa dan Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, yang diikuti pasangan calon tunggal, berhasil memperoleh suara yang tinggi berdasarkan hasil perhitungan cepat (quick count) yang digelar lembaga survei.

Di Pilkada Gowa, paslon petahana, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Mallagani meraup 90,91 persen, sedangkan kolom kosong 9,09 persen.

Atas perolehan itu, Adnan mengaku sangat bersyukur kepada Allah Taala. “Ini semua berkat rahmat dan ridho Allah Taala. Terima kasih untuk semua doa dan dukungannya, sehingga kita bisa meraih suara dengan maksimal,” tutur sosok yang pernah dinobatkan sebagai bupati termuda itu melalui akun Instagram miliknya, Kamis 10 Desember 2020.

Adnan, yang juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Sulawesi Selatan, juga mengingatkan kepada pendukungnya bahwa itu baru hasil perolehan suara sementara. “Mari kita sama-sama mengawal hasil ini sampai pengumuman atau penetapan resmi KPU Kabupaten Gowa,” ucapnya.

Di Pilkada Soppeng, paslon tunggal, Kaswadi Razak-Luthfi Halide juga meraup suara yang cukup banyak, yakni 86,32 persen. Adapun pemilih yang mencoblos kolom kosong 13,68 persen.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menyampaikan rasa syukur menyusul pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar yang berlangsung damai tanpa ada gangguan keamanan yang berlebihan.

“Kita bersyukur pelaksanaannya berlangsung lancar. Alhamdulillah, tidak ada potensi gangguan keamanan yag berlebihan, demikian pula pelaksanaannya juga sudah sesuai dengan protokol kesehatan. Kita berterima kasih seluruh pihak, baik itu KPU, Bawaslu, jajaran TNI-Polri, seluruh Forkopimda, termasuk seluruh warga kota Makassar yang telah bersama-sama melaksanakan pesta demokrasi ini dengan damai,” kata Rudy saat membuka acara Refleksi Akhir Tahun di Hotel Gammara Makassar, Kamis, 10 Desember 2020.