Hasil Sementara, Eks Wagub Jatim Gus Ipul Unggul di Pilkada Pasuruan

Saifullah Yusuf alias Gus Ipul resmi mendaftar di Pilkada Kota Pasuruan
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sangat mungkin akan menjabat sebagai wali kota Pasuruan untuk lima tahun ke depan. Hal itu setelah ia dan pasangannya, Adi Wibowo, unggul berdasarkan real count internal dan unggul sementara di real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas lawannya, Raharto Teno Prasetyo-Hasjim Asyari dalam Pilwali Pasuruan pada Rabu, 9 Desember 2020.

KPU Gunakan Sirekap dengan Evaluasi dan Perbaikan pada Pilkada Serentak 2024

Berdasarkan real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) di https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkp yang ditengok VIVA, Gus Ipul-Adi unggul dengan perolehan 68,1 persen, sedangkan lawannya, Teno-Hasjim memperoleh 31,9 persen. Perolehan itu berdasarkan data dari 166 TPS dari 357 TPS (46,50 persen) yang ada hingga Kamis, 10 Desember 2020, sekira pukul 11.16 WIB.

Gus Ipul sudah mengumumkan kemenangannya. Ia mengklaim mendapatkan perolehan suara hampir sekitar 70 persen dan menang mutlak di empat kecamatan yang ada. "Data itu real. Itu data dari masing-masing TPS yang kami input dan menunjukkan perolehan suara yang sangat signifikan," ujarnya.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Menurut Gus Ipul, kemenangan itu menjadi momentum perubahan bagi Kota Pasuruan. "Yang belum baik akan kita lakukan perubahan. Bagi saya, mandat yang diberikan kepada saya dan Mas Adi sudah sangat jelas. Masih banyak pekerjaan rumah yang harus segera dicarikan solusi agar terselesaikan," katanya.

Gus Ipul mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Pasuruan karena partisipasinya luar biasa tinggi. "Saya juga terima kasih kepada pimpinan partai pengusung dan pendukung. Terima kasih relawan, simpatisan yang sudah bekerja dengan baik. Saya jujur sangat terharu," tuturnya.

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

Jika Gus Ipul ditakdirkan menjadi wali kota Pasuruan, bisa dikatakan bahwa seluruh wilayah Pasuruan, kabupaten dan kota, akan dipimpin oleh dua bersaudara. Seperti diketahui, jabatan bupati Pasuruan saat ini dipegang oleh adik Gus Ipul, yakni Irsyad Yusuf.

Baca juga: Daftar Gubernur yang Menang Sementara Versi Real Count KPU

Petugas KPU Masukkan Dokumen ke Sistem Informasi Rekapitulasi atau Sirekap

Tetap Gunakan Sirekap di Pilkada Serentak, KPU: Kami Punya Kewajiban untuk Terbuka

Komisioner KPU RI Idham Holik mengatakan pihaknya akan memperbaiki Sirekap sesuai pertimbangan yang disampaikan oleh MK dalam sidang sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024