LIPI: Berkeras Diri Gelar Pilkada Bukan Sikap Pemerintahan Demokratis

Ilustrasi surat suara pilkada serentak
Sumber :
  • ANTARA/M Risyal Hidayat

VIVA – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mendesak pemerintah untuk menunda pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 yang coblosannya dijadwalkan pada 9 Desember. LIPI mendesak itu karena Indonesia masih dala situasi darurat pandemi COVID-19.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

“Kami merekomendasikan kepada pemerintah dan DPR agar menunda pelaksanaan pilkada 2020. Sikap berkeras diri untuk tetap melangsungkan pilkada 2020, bukanlah sebuah sikap bijak dari sebuah pemerintahan demokratis yang terbentuk atas dasar kehendak rakyat,” kata Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI Firman Noor sebagaimana dia sampaikan dalam rekaman video Youtube, Kamis, 1 Oktober 2020.

Pernyataan sikap itu, katanya, merupakan aspirasi dari bagian anak bangsa dan komunitas yang peduli dengan pelaksanaan pilkada serentak 2020. Sejatinya, pemilihan umum bagian pesta demokrasi yang dilaksanakan komprehensif, tenang, dan bergembira ria.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Baca: NU Serukan Tunda Pilkada: COVID-19 Telah Mencapai Tingkat Darurat

“Sesuatu yang amat disayangkan jika upaya kita menegakkan implementasi demokrasi sebagai suatu hal yang juga terdapat semangat konstitusi, berujung pada satu hal yang disayangkan dan jadi beban sejarah di masa akan datang,” ujarnya.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Karena itu, Firman berpendapat, demi menghindari hal-hal yang tidak perlu dan mencederai makna pilkada, masih ada kesempatan bagi DPR dan pemerintah untuk mempertimbangkan kembali keputusan pelaksanaan pilkada serentak 2020. (ren)

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh Nasdem

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka memastikan koalisi Prabowo-Gibran akan merangkul semua kekuatan politik untuk membangun bangsa dan negara

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024