Survei Poltracking: Mulyadi-Ali Mukhni Terkuat di Pilkada Sumbar

Ir. H. Mulyadi dan Drs. H. Ali Mukhni calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar.
Ir. H. Mulyadi dan Drs. H. Ali Mukhni calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar.
Sumber :
  • twitter @panca66

VIVA – Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis peta kekuatan elektoral calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat. Hal itu dilakukan usai Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei pada 25-30 November 2020 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling

"Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1200 responden dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," kata Manajer Riset Poltracking Indonesia, Masduri, Sabtu 5 Desember 2020.

Masduri mengatakan, klaster survei ini menjangkau 19 kabupaten atau kota di seluruh Provinsi Sumatera Barat secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir. Sedangkan stratifikasi survei adalah proporsi jenis kelamin pemilih. 

"Metode sampling ini meningkatkan representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat," ujar dia. 

Dirinya menambahkan, pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak. Masduri mengatakan, setiap pewawancara mewawancarai 10 responden untuk setiap satu kelurahan terpilih.

Dia melanjutkan, tujuan dari survei ini adalah untuk mengukur popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat dan mengukur potensi partisipasi dan kemantapan pemilih. 

Hasilnya, Masduri menyebut survei menemukan tingkat popularitas Nasrul Abit (86,6 persen) menjadi kandidat dengan popularitas paling tinggi dibandingkan kandidat lainnya, diikuti Mulyadi (83,9 persen), Mahyeldi Ansharullah (82,6 persen), Ali Mukhni (66,0 persen), Indra Catri (54,6 persen), Fakhrizal (54,3 persen), Audy Joinaldy (53,6 persen), dan Genius Umar (48,6 persen).