Daftar Gubernur yang Menang Sementara Versi Real Count KPU

Ilustrasi warga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara di Pemilu
Ilustrasi warga memasukkan surat suara ke dalam kotak suara di Pemilu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 serentak sudah selesai. Usai warga memberikan hak suaranya, beberapa jam kemudian hasil hitung cepat atau quick count pun bermunculan. Beberapa calon dinyatakan menang menjadi kepala daerah versi hitung cepat lembaga survei.

Kapolri Jenderal Idham Azis mengklaim pelaksanaan pilkada berjalan tertib, aman dan sesuai dengan protokol kesehatan. Idham mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima adanya insiden yang menonjol dari proses pencoblosan Pilkada serentak pada Rabu, 9 Desember 2020. Sementara ini, ia melihat situasi masih berjalan kondusif.

"Kita bersyukur, Pilkada 2020 yang diikuti 270 daerah berjalan dengan aman dan terkendali tanpa adanya gangguan. Semoga kondisi damai seperti ini bisa terus terjaga," kata Idham dikutip dari keterangannya Kamis, 10 Desember 2020.

Dirangkum VIVA dari situs resmi KPU, https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkp, Kamis, 10 Desember 2020, data yang sudah masuk hingga kini sudah di atas 33 persen. VIVA mendata khusus untuk pemilihan Gubernur di 9 provinsi di Indonesia.

Sumatera Barat

Tercatat ada 33,26 persen suara yang masuk atau sekitar 4.173 suara dari 12.548 TPS yang ada. Hasilnya, pasangan nomor urut 4 yakni Mahyeldi SP dan Audy Joinaldy memperoleh suara paling tinggi di antara kandidat lainnya yakni 35,1 persen. 

Pasangan nomor urut 1 seperti Mulyadi-Ali Mukhini dapat 25,7 persen suara. Nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra dapat 29,4 persen suara dan terakhir Fahrizal-Genius dapat 9,7 persen suara.