Bukan Bangsa Kotak-kotak

Ilustrasi Indonesia bersatu.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Indonesia merdeka karena persatuan. Indonesia yang mengisi kemerdekaan selama ini karena persatuan, dan kita hidup aman sejahtera karena persatuan. Adapun beberapa daerah yang masih ekstrem terhadap pemerintah, ini sebenarnya masalah kekecewaan saja. Yang dianggap hal sepele, akibatnya bara dalam sekam pun semakin membara. Dan bisa saja terbakar.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Jika beberapa warga sudah tersakiti oleh pemerintah, berupaya agar tuntutannya didengar, dan pemerintah tetap juga tak mengabulkan tuntutannya, inilah sebenarnya bibit-bibit yang mau mengotakkan diri. Ini sebenarnya peringatan untuk pemerintah. Kita bisa belajar dari saudara kita di Aceh, kenapa ujung Indonesia itu sempat dijadikan Daerah Operasi Militer Aceh (DOM). Akibat perang saudara itu banyak yang memakan korban jiwa, harta, dan warga sipil yang tidak tahu apa-apa jadi korban tempur antardua kubu.

Kita juga tidak bisa menyalahkan yang satu, atau yang satu lagi. Karena sejarahnya cukup panjang. Maka sebaiknya kita pelajari sejarah, agar bijak memahami suatu perkara di Indonesia ini. Dan ke depannya, pemerintah bisa lebih serius lagi menanggapi jika ada saudara-saudara yang merasa terabaikan untuk dirangkul kembali. Bangsa ini cukup lelah dijajah oleh bangsa lain, berabad-abad lamanya. Jangan ditindas lagi oleh penjajahan dari kaumnya sendiri.

Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

Baca Selengkapnya...

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu, 24 April 2024

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Pengamat menilai masuknya PKB memperkuat politik Islam dalam pemerintahan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024