CEK FAKTA: Bank Wakaf Mikro Pesantren 90 Persen Nasabahnya Perempuan

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu, 13 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Calon presiden 01 Joko Widodo mengatakan dalam pemberdayaan ekonomi perempuan di pemerintahannya telah membentuk Bank Wakaf Mikro di pesantren-pesantren. Upaya ini sudah dilakukan dalam dua tahun terakhir. 

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Ini nasabahnya 90 persen nasabahnya wanita. Ini sudah dikerjakan dalam 2 tahun ini. Kami yakin bisa memberikan kemajuan bagi ekonomi keluarga," kata Jokowi saat debat capres cawapres kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu 13 April 2019.

Cek Fakta

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Bank Wakaf Mikro (BWM) pertama kali diluncurkan pada Oktober 2017. BWM dikelola langsung oleh orang-orang yang menjadi bagian dari sebuah pesantren, yang tentunya pesantren tersebut sudah mendapat izin dari OJK untuk menjalankan BWM.

Di tahun pertamanya, Bank Wakaf berhasil mengumpulkan 827 nasabah. Pertumbuhannya semakin pesat setelah diresmikan pada awal tahun 2018. 

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Pada Maret 2018, sebanyak 20 bank wakaf berhasil mendapatkan izin usaha dari OJK dan berhasil memiliki 3.876 nasabah. 

Data OJK per akhir Desember 2018, sudah ada 41 bank wakaf mikro yang berizin dari OJK dan mencatatkan sebanyak 8.000 lebih nasabah.

Simak soal bank wakaf mikro pesantren di tautan ini.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya