Kali Ciliwung Meluap Jakarta Kedatangan Banjir Kiriman, Ini Faktanya

Banjir Kali Ciliwung
Sumber :

VIVA – Jakarta dan Ciliwung memang tidak bisa dipisahkan. Setiap tahunnya, terutama di musim hujan, Kali Ciliwung kerap menjadi perhatian Pemerintah Jakarta karena selalu membawa banjir kiriman.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Tidak heran jika daerah Bogor dan sekitarnya hujan deras selalu menjadi perhatian warga Jakarta. Apalagi jika sudah meluap, bisa dipastikan beberapa wilayah di Jakarta akan kebanjiran, terutama di wilayah Kampung Melayu.

Beberapa hari belakang, musim hujan ini pun dimanfaatkan oleh sebuah akun Twitter atas nama Airin_NZ. Ia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan Kali Ciliwung meluap.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Tidak lupa dalam video itu pun diberi narasi yang 'menggigit' kepada Gubernur Jakarta, Anies Baswedan. Bunyi keterangan video tersebut yaitu: “Mungkin Kali Ciliwung mw bilang @aniesbaswedan I'm coming..!!"

Video itu pun sudah di-retweet sebanyak 185 kali dengan jumlah likes 742, meskipun kemudian postingan tersebut dihapus oleh pengunggahnya.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Verifikasi Fakta

Berdasarkan penelusuran yang dikutip dari Cekfakta.com, video tersebut adalah banjir bandang di Kali Ciliwung. Namun bukan terjadi tahun ini, melainkan video hasil reproduksi yang telah diunggah di Youtube pada Februari 2018.

Video tersebut diunggah pertama kali oleh akun Youtube atas nama RAN, dengan keterangan judul: Banjir bandang Kali Ciliwung Bogor.

Cek Fakta

Dapat disimpulkan, jika konten yang diunggah oleh akun Twitter Airin_NZ ini adalah salah atau false context. Di mana konten yang asli ditambahkan keterangan dan informasi yang salah. Sehingga menimbulkan premis yang salah. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya