Beredar Video Usus Buntu Penuh dengan Boba, Cek Faktanya

Pesan berantai di Aplikasi WhatsApp.
Sumber :

VIVA – Sebuah pesan berantai disertai video beredar di aplikasi WhatsApp. Pesan tersebut disertai dengan sebuah video yang menyebutkan hasil dari operasi usus buntu.

Ngeri! Gegara Ogah Minum Air Putih dan Doyan Boba, Wanita Ini Jalani Operasi Angkat 300 Batu Ginjal

Narasi dalam pesan tersebut berbunyi: "Hasil operasi usus buntu dan didapatkan Bubble Tea yg TIDAK bisa hancur “Xi Bo Ba. Kurangi kunsumsi Bubble Tea sebelum terlambat."

Verifikasi Fakta

Profesi Bidan Masih Dapat Stigma Negatif, Padahal Perannya Sangat Vital

Dikutip dari Cekfakta.com, keterangan dalam video tersebut ternyata salah. Ahli pencernaan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH mengatakan jika itu adalah kantung empedu.

Tidak benar jika boba atau makanan yang terbuat dari bola-bola tapioka ini bisa masuk ke sana. Apalagi minuman Bubble Tea kini semakin hits dan menjadi salah satu minuman kekinian anak-anak muda.

TikTokers Ini Tolak Cewek yang Pakai Hp Android: Mantan Gue Pake Boba Semua

"Boba itu terbuat dari karbohidrat, sedangkan apa yang ada di dalam kantung empedu itu adalah kolesterol. Jadi, bisa dikatakan bahwa itu sudah pasti bukan boba dan bisa dibilang itu adalah informasi hoaks," kata dr Ari.

Bagi orang awam, mungkin kantung empedu tersebut mirip dengan boba jika dilihat sepintas. Apalagi di kantung empedu bisa terkandung dua batu yang terdiri kolesterol dan pigmen.

Pertama adalah batu empedu kolesterol yang biasanya terlihat berwarna kuning, dan terdiri dari kolesterol sebagian besarnya.

Kedua adalah batu empedu pigmen, yang komposisi terbesarnya adalah bilirubin. Atau pigmen yang terbentuk saat sel darah merah pecah. Dan warnanya lebih gelap.

Cek Fakta

Bisa disimpulkan jika video yang memperlihatkan organ dalam tersebut bukan hasil dari usus buntu yang dipenuhi boba, tetapi kantung empedu. Pesan tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau konten yang salah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya