Dokter asal Israel Bantu Pasien Virus Corona di China, Cek Faktanya

Dokter asal Israel tangani pasien virus corona.
Sumber :

VIVA – Satu akun Facebook atas nama Sintike Lily memposting beberapa foto, yang memperlihatkan seorang dokter sedang menangani pasien. Di dalam keterangannya disebutkan, jika dokter tersebut berasal dari Israel dan sedang membantu pasien virus corona di China.

Mobil MPV Terlaris Ini Bakal Dapat Mesin Hybrid

Berikut keterangan dalam foto dan postingan di akun tersebut:

"Dokter Israel bantu RRC ttg wabah virus corona 427 orang dengan percobaan vaksin produk dr Israel dinyatakan sembuh Puji Tuhan. Kerjasama Dr. Israel dan Dr.China ada solusi mengentaskan wabah berbahaya."

Akhiri Perang Dingin, Menhan AS dan China Lakukan Video Call Setelah Setahun

Verifikasi Fakta

Berdasarkan penelusuran dari Cekfakta.com, foto pertama berasal dari sebuah peristiwa yang cukup lama. Di mana diyakini berasal dari tanggal 8 November 2013. Foto tersebut adalah tim dokter yang berasal dari Israel, tepatnya dari Israel Defense Forces (IDF).

Terlalu Pro-China, AS Diduga Akan Intervensi Pemilu di Kepulauan Solomon

Di mana para relawan tersebut guna menangani korban dari topan Haiyan yang menerjang Filipina pada saat itu. Foto tersebut juga dikuatkan oleh galeri yang ada di Flickr yang dimiliki oleh IDF.

Tim dokter asal Israel tangani pasien virus corona.

Salah satu foto diberikan keterangan sebagai berikut:

"Topan Haiyan menghantam Filipina pada 8 November 2013. Perkiraan terbaru pemerintah adalah bahwa sekitar 7 juta orang terkena dampak badai, setidaknya 660.000 orang yang terkena dampak terpaksa mengungsi dari rumah mereka, dan sekitar 320.000 orang mengungsi di pusat-pusat evakuasi.

Delegasi Israel yang terdiri atas 148 anggota dikirim ke Filipina pada 13 November 2013, untuk membantu pencarian, penyelamatan, dan layanan medis di kota Bogo, dihancurkan oleh topan. Rumah sakit canggih multi-disiplin dengan cepat didirikan di Bogo, dilengkapi dengan sekitar 100 ton pasokan kemanusiaan dan medis yang dikirim dari Israel. 2.686 pasien dirawat, 848 di antaranya adalah anak-anak."

Sementara itu, dalam foto yang kedua merupakan tenaga medis China, dan mereka sedang menangani pasien virus Corona di Rumah Sakit Zhongnan, Wuhan, Provinsi Hubei. Namun, keterangan dalam deretan foto tersebut, seolah-olah membuat pembacanya percaya, jika tim dokter dari Israel sedang menangani pasien virus Corona.

Baca juga: Sumut Bantah Awak Kapal asal Korea Selatan Tewas karena Virus Corona

Postingan itu pun telah dibagikan lebih dari 762 kali dengan komentar sebanyak 72. Namun, saat berita ini diterbitkan, akun Sintike Lily telah menghapus postingannya.

Cek Fakta

Dari hasil penelusuran dapat disimpulkan jika foto-foto tersebut berasal dari dua kejadian yang berbeda. Ada perbedaan waktu dan tempat saat foto-foto tersebut diambil. Jadi, postingan tersebut masuk ke dalam kategori koneksi yang salah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya