Komplek Istana Negara Banjir, Ini Faktanya

Istana Negara tergenang, Selasa 25 Februari 2020.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Banjir datang tanpa pandang bulu. Selain pemukiman, jalan tol dan mal, komplek Istana Kepresidenan dikabarkan juga kebanjiran. Pada Selasa pagi, 25 Februari 2020, area istana tepatnya di sekitar Masjid Baiturrahim tergenang air semata kaki. 

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Bukan hanya masjid, genangan air juga terjadi di sekitar Wisma Negara dan area selasar yang menghubungkan Istana Negara dengan Istana Merdeka. Kabar banjir ini langsung dibantah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. 

Verifikasi Fakta
Mengutip laman setneg.go.id, Istana Negara yang berada di Jalan Veteran memang menghadap ke Sungai Ciliwung. Istana Negara membelakangi Istana Merdeka yang menghadap ke Taman Monumen Nasional dan dihubungkan halaman tengah.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Adapun lingkungan Istana Negara meliputi Kantor Presiden, Wisma Negara, Masjid Baiturrahim, dan Museum Istana Kepresidenan. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretaris Presiden, Bey Mahmudin, membenarkan hanya ada genangan di sekitar kompleks Istana Kepresidenan. Kompleks Istana pun terbebas dari genangan sejak pukul 07.00 WIB.

"Tidak ada lagi genangan. Ini (genangan) sekitar pukul 07.00 WIB-an," kata Bey. 

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Terkait hal ini, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljno, memastikan Kompleks Istana Kepresidenan tak terendam banjir. Tapi, ia tak membantah memang ada genangan yang sifatnya sementara.

"Tidak ada (banjir). Saya jam 6 di sini (istana). Pompa saya kan saya siapin dua di sini. Aman," kata Basuki.

Ia menambahkan foto-foto genangan air di koridor Wisma Negara merupakan genangan sementara karena sedang dilakukan pembuangan air. Sistem manajemen air di kantor kepala negara dipastikan berjalan baik.

"(genangan) Air yang mau masuk drainase," kata Basuki. 

Berikut video lengkap terkait hal ini: Komplek Istana Presiden Terendam Banjir | tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya