Kemlu Sediakan 1000 Tiket Pesawat Gratis, Cek Dulu Faktanya

screenshot hoax tiket pesawat luar negeri gratis
Sumber :

VIVA – Maraknya wabah virus Corona di sejumlah negara berdampak pada “sepinya” mobilitas warga, khususnya yang menggunakan jasa penerbangan. Bahkan belakangan muncul sebuah page komunitas di facebook yang bernama 'Tiket pesawat gratis luar negeri'.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Berdasarkan tangkapan layar yang beredar, page ini telah disukai 536 orang dan diikuti 558 orang. Narasi pada page tersebut terkait dengan 1000 tiket gratis untuk memulangkan WNI di luar negeri. 

"Menteri luar negeri ibu Retno Marsudi, memberitahukan kepada seluruh warga negara Indonesia yang ada di luar negeri, agar kiranya untuk berhari-hari akibat virus Corona yang ada di China. Pesiden Jokowi memerintahkan kepada Ibu Retno Marsudi, menteri luar negeri untuk memulangkan WNI yang ingin pulang sebanyak 1000 tiket gratis," bunyi kutipan page tersebut.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Masih dalam page tersebut juga dinarasikan WNI yang berada di luar negeri untuk melaporkan diri pada kontak yang tertera. Tiket gratis tersebut juga telah disetujui DPR RI. Adapun negara yang dituju untuk mendapatkan tiket gratis diantaranya China, Hong Kong, Macau, Taiwan, Jepang, Korea, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Arab Saudi.

Verifikasi Fakta

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

VIVAnews menerima keterangan resmi dari Kementerian Luar Negeri RI. Keterangan tersebut memastikan informasi tersebut hoax.

"Menteri Luar Negeri dan Kementerian Luar Negeri tidak pernah menjanjikan tiket pesawat gratis luar negeri sebagaimana disebutkan dalam hoax berikut," bunyi kutipan tersebut.

VIVAnews mencoba mengkonfirmasi hal tersebut kepada Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia dari Kemlu RI, Judha Nugraha. Ia memastikan informasi tersebut hoax.

"Hoax," kata Judha pada VIVAnews. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya