Raja Salman Meninggal, Cek Faktanya

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi
Sumber :
  • The Guardian

VIVA – Beredar kabar Raja Salman meninggal di media sosial Twitter. Di antaranya akun twitter @SaveMoslem1 yang mencuit, "Benarkah ada kudeta dan raja Salman meninggal?"

Survei: Publik Tak Puas Kinerja Pemerintah dalam Penanganan Covid-19

Lalu akun-akun twitter lainnya pun juga mempertanyakan kebenaran kabar Raja Salman meninggal. Bahkan ada juga yang mengaitkan informasi tersebut dengan perang saudara tiga pangeran.

Verifikasi Fakta
Dilansir dari The Guardian, Pengadilan Kerajaan Saudi merilis foto-foto Raja Salman sedang melakukan tugas resmi. Di antaranya menerima beberapa duta besar dan membaca dokumen.

Sudah 22 Orang Terkonfirmasi Positif Corona Klaster Industri Bekasi

Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) juga mengunggah foto-foto Raja Salman yang memimpin upacara pelantikan Duta Besar Saudi untuk Ukraina dan Uruguay.

Isu Raja Salman meninggal terkait dengan gelombang baru intrik kekuasaan di istana. Penguasa de fakto Putra Mahkota, Mohammed bin Salman memang sempat menahan sejumlah pangeran senior Arab Saudi.

PSBB Diperpanjang, Bodebek Akan Digempur Rapid Test Massal

Mereka yang ditahan di antaranya paman Mohammed, Pangeran Ahmed bin Abdul Aziz, Pangeran Mohammed bin Nayef, dan Pangeran Nawaf bin Sayef. Mereka ditahan untuk diinterogasi soal alasan pengkhianatan dan tuduhan kudeta terhadap Raja Salman dan pewaris takhta Pangeran Mohammed bin Salman.

Para pejabat Saudi mengklaim penahanan tersebut telah menggagalkan kudeta terhadap Mohammed bin Salman. Mereka yang ditahan dianggap sebagai penghalang terakhir bagi kenaikan Pangeran Mohammed. (ase)

Data Corona Indonesia 4 Juli: 62.142 Positif, 3.089 Meninggal

Ada penambahan 1.447 kasus baru

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020